Tempat-Tempat Dimana Matahari Tidak Terbenam


Jika kita ingin memaksimalkan sinar matahari pergilah ke utara! Seberapa jauh ke utara? Cobalah ke kawasan Lingkar Arktik (Lingkar Kutub Utara) atau berjalanlah ke selatan menuju Lingkar Kutub Selatan Circle!
Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, selama musim panas, matahari tidak terbenam di atas Lingkar Kutub Utara. Bahkan, fenomena ini adalah yang membantu kita untuk mendefinisikan apa yang disebut dengan Lingkar Arktik. Seperti garis khatulistiwa, Lingkar Arktik juga adalah garis imajiner. Didefinisikan sebagai lintang di mana matahari tidak terbenam pada hari titik balik matahari musim panas (biasanya sekitar 21 Juni).
Utara dari Lingkaran Arktik, periode sinar matahari konstan berlangsung sampai enam bulan dalam setahun di Kutub Utara. Hal sebaliknya juga berlaku untuk setengah tahun yang lain. Diatas Lingkaran Kutub Utara, matahari tidak pernah terbit pada hari titik balik matahari musim dingin (biasanya sekitar 21 Desember). Bayangkanlah bagaimana jika kita tinggal di suatu tempat di mana selalu siang selama setengah tahun dan selalu malam untuk setengah tahun berikutnya?
Ada beberapa negara dengan daerah di dalam atau berbatasan dengan Lingkar Arktik. Banyak orang menyebut daerah ini dengan sebutan “Daerah Matahari Tengah Malam” karena di musim panas matahari sering terlihat lewat tengah malam. Beberapa daerah ini meliputi bagian-bagian paling utara dari Kanada, Greenland, Finlandia, Norwegia, Swedia, Rusia, Alaska dan Islandia.
Jika Anda benar-benar mencintai matahari, Anda mungkin ingin berlibur selama liburan musim panas ke Svalbard, Norwegia. Matahari tidak terbenam di sana dari sekitar tanggal 19 April hingga 23 Agustus setiap tahun!
Fenomena ini terjadi karena bumi sedikit miring pada porosnya sekitar 23,5 derajat. Ini berarti bahwa matahari hanya terbit dan terbenam sekali setiap tahun di daerah kutub-kutub bumi, baik utara maupun selatan.

Tentu saja, fenomena ini tidak hanya terbatas pada daerah utara. Fenomena juga terjadi di daerah selatan dekat Lingkar Antartika. Namun, tidak ada pemukiman manusia permanen di dekat Lingkar Antartika, sehingga sangat sedikit orang yang mengalami fenomena ini disana.

Lingkar Antartika

Orang-orang yang tinggal di daerah ini akhirnya terbiasa dengan konstannya sinar matahari/ konstannya kegelapan untuk waktu yang lama. Pendatang baru atau pengunjung, sering merasa sulit untuk menyesuaikan dan mungkin akan mengalami kesulitan tidur, terutama ketika matahari bersinar sepanjang malam.

Dibawah ini adalah foto-foto saat matahari tak jadi terbenam

Nordkapp, Margeroi Island, Norway


Di Teshekpuk Lake, Alaska


Midnight Sun di Lofoten, Norway

Dan gambar gif ini dan video diatas dari Fairbanks, Alaska

Bagi Muslim, tentu bertanya-tanya bagaimana waktu shalat dan Puasa di daerah-daerah seperti ini? Ya, itu diperlukan fatwa dan kesepakatan para Ulama. KESEPAKATAN, sebuah kata yang jarang terdengar belakangan ini …

Comments

Popular posts from this blog

17 Lomba Unik yang Takkan Anda Jumpai dalam Agustusan

7 Fakta Menarik Tentang Gunung Everest

Info PCSBSI: Ini Daftar Bank di Indonesia yang akan Ditutup