Posts

Showing posts from January 13, 2013

Pulau-pulau Khusus Untuk Sampah

Image
Sampah memang menimbulkan masalah pelik yang sulit terurai hingga sekarang. Masalah yang terus ada karena sampah adalah semakin padatnya suatu wilayah, hingga sulit menemukan lokasi untuk tempat pembuangan sampah.

Berikut ini 4 pulau tempat pembuangan sampah di dunia yang digunakan sebagai tempat pengelolaan sampah.

1. Thilafushi, Maladewa
Thilafushi terletak di sebelah barat Malé, dan terletak di antara Kaafu Atoll Giraavaru dan Gulhifalhu dari Maladewa. Hal ini secara geografis merupakan bagian dari saluran Vaadhoo. Thilafushi menerima sampah pertama dari Malé pada 7 Januari 1992
Bekerja mulai dengan hanya 1 kapal pendarat, 4 truk beban berat, 2 ekskavator dan wheel loader tunggal. Selama tahun - tahun awal pengelolaan sampah, lubang dengan volume 37.500 ft3 ( 1060 m3 ) digali, setelah pasir yang diperoleh dari penggalian digunakan untuk membangun kandang berdinding sekitar perimeter internal. Limbah yang diterima dari Malé diendapkan ke tengah - tengah lubang, yang diakhi…

Jembatan Purba Ini Usianya Lebih dari 1 Juta Tahun

Image
Ada sebuah jembatan yang disebut Adam Bridge, atau dikenal juga dengan Rama Bridge penuh misteri. Alasannya, karena umur jembatan ini diperkirakan lebih dari 1 juta tahun.

Letak Adam Bridge sepanjang 30 Km ini menghubungkan antara Manand Island (Srilanka) dan Pamban Island (India). Strukturnya  sangat mudah terlihat dari atas permukaan air laut karena kedudukannya yang tidak terlalu dalam.



Status jambatan ini masih merupakan misteri sehingga kini. Menurut tafsiran, Adam Bridge mempunyai kaitan dengan mitos terkenal India, Ramayana.

Yang bikin heboh, Srilankan Archeology Department mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan usia Adam Bridge mungkin berkisar diantara 1.000.000 hingga 2.000.000 tahun. Yang menjadi pertanyaan, apakah jambatan ini benar-benar terbentuk oleh proses alam atau ciptaan manusia?

S.U.Deraniyagala, Pengarah Pusat Arkeologi Sri Lanka yang juga merupakan pengarang buku “Early Man and the Rise of Civilization in Sri Lanka: the Archaeological Evidence menga…

Moguicheng, Kota Iblis di Cina

Image
Di Cina, terdapat sebuah kota bernama Xinjian. Di kota ini, ada daerah terbengkalai yang disebut “Moguicheng” atau kota iblis (Devils’ Town). Disana ada beberapa istana / kastil kuno yang misterius.


Orang – orang setempat menyebutnya Moguicheng yang artinya kota Iblis. Moguicheng, yang merupakan padang pasir terletak di provinsi Xinjian Cina. Daerah ini merupakan daerah yang terbengkalai, tak ada satupun orang yang tinggal disini.

Disebut kota iblis karena kota ini menyimpan misteri. Jika kita berjalan pada hari yang cerah kearah kastil – kastil ditemani tiupan angin sepoi, maka kita akan mendengar alunan melodi yang menyerupai dentingan bel ataupun dawai – dawai gitar yang dipetik dengan lembut. 



Namun ketika badai datang, pasir yang beterbangan membuat langit seketika menjadi gelap. Alunan melodi itu akan berubah menjadi suara auman harimau, jerit tangis bayi, suara hewan yang sedang disembelih, jeritan wanita sekarat dan pada akhirnya semua akan berubah menjadi suara t…

Penerbangan Tersingkat Hanya 47 Detik

Image
Penerbangan yang satu ini mungkin masuk rekor tersingkat di dunia. Hanya butuh waktu 47 detik dari satu bandara ke bandara tujuan.

Bukan karena menggunakan pesawat tercepat, tapi jaraknya terlalu dekat. Penerbangan yang dimaksud yakni  antara Westray dan Papa Westray Skotlandia. Saking pendeknya jarak tempuh, penerbangan ini dibaratkan bisa dijalani hanya dengan kedipan mata.



Dengan jarak tempuh sekitar 2,8 kilometer antarbandara, durasi penerbangan biasanya berlangsung kurang dari 2 menit, tapi bergantung pada arah angin.

Rute yang dijalani Maskapai Loganair ini mengangkut penumpang dan barang. Layanan antarpulau untuk wilayah Orkey telah ada sejak 1967.

Semenjak 2011, semakin banyak orang yang berminat menjalani rute-rute pendek tersebut. Alasannya karena Papa Westray adalah objek wisata favorit di Inggris - diungkapkan penulis perjalanan Bill Bryson.

sumber

7 Wilayah Perairan yang Penuh Misteri

Image
Kapal yang menghilang tiba-tiba, pesawat yang mendadak jatuh, sering terjadi di wilayah tertentu di sebuah perairan, entah laut atau danau yang besar. Peristiwa ini menimbulkan banyak cerita misteri yang belum terungkap.
Yang sangat terkenal tentunya kawasan Segitiga Bermuda. Namun sebenarnya masih banyak tempat lain yang juga menyimpan cerita-cerita aneh. Inilah 7 daftar yang tercatat.


1. Segitiga Bermuda Atlantik Segitiga setan yang paling terkenal tentunya adalah segitiga Bermuda Atlantik. Kawasan ini dihubungkan oleh titik-titik imajiner yang berlokasi di Miami, Puerto Rico dan Bermuda.
Misteri yang terjadi di kawasan ini tentunya sudah tak terhitung. Banyak sekali pesawat dan kapal hilang sia-sia saat melintasinya. Pencarian pun seolah tak membawa hasil.
Berbagai spekulasi muncul tentang fenomena ini. Ada yang bilang pesawat dan kapal itu masuk dalam lubang hitam raksasa di lautan, masuk dimensi lain atau ditangkap oleh alien. 


2. Segitiga Michigan Segitiga Michigan meruj…

Lift Tertinggi di Alam Terbuka

Image
Bila ingin merasakan sensasi naik lift sambil melihat pemandangan alam, cobalah Lift Bailong di Hunan, China ini. Disebut-sebut menjadi lift outdoor tertinggi sejagad.

Tingginya 330 meter, hampir 3 kali Monas. Namun masih kalah dengan lift di menara Burj Khalif, Dubai. Walau demikian, Lift Bailong punya keistimewaan karena letaknya di alam terbuka.
Lift Bailong yang dikenal juga sebagai 100 Dragons Lift, bisa membawa 50 orang sekali angkut. Orang yang ingin berwisata di pegunungan Wulingyan tidak perlu susah payah lagi naik ke puncak lembah. Waktu tempuhnya cukup 5 menit.

Sementara yang tetap ingin mendaki manual, atau takut ketinggian harus menghabiskan waktu hingga 2,5 jam.

Pembangun lift ini menghabiskan biaya  120 milyar yuan pada tahun 1999 dan selesai pada tahun 2002. Sempat diprotes oleh aktivis lingkungan karena merusak keaslian alam liar.

Setelah proyek ini dibuka untuk umum pada tahun 2002, sempat ditutup sementara karena masalah keselamatan. Namun akhirnya dibuk…

Korek Api Terunik di Dunia

Image

10 Planet Paling Unik

Image
Alam semesta begitu luas. Planet yang dihuni manusia, planet bumi adalah satu dari seribu, sejuta, atau bahkan satu dari triliunan planet yang tersebar di angkasa luar. Berdasarkan fakta tersebut, tentunya anda pernah atau sering beranggapan mungkin ada kehidupan lain selain di bumi. Para ilmuwan meyakini kemungkinan tersebut ada dan dari waktu ke waktu terus berusaha mencari petunjuk untuk menemukan dunia baru.

Pada tahun 1990, para ilmuwan menemukan secercah harapan dengan menemukan sejumlah planet di luar tata surya (exoplanet). Planet-planet tersebut sangat beragam. Mulai dari planet api, planet berukuran raksasa, planet berbatu, planet yang tidak memiliki bintang, dan banyak lagi. Hingga kini, penemuan exoplanet mencapai 230 planet. Berikut adalah daftar sepuluh exoplanet


1.Sang Kuda Api
Planet 51 Pegasi b adalah exoplanet pertama yang ditemukan para pemburu planet pada 1990. Planet mirip Jupiter, namun bertemperatur panas ini dibe…

404 Error Pages Terbaik

Image