Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

16 Jembatan Terseram

1. Kotmale Oya titian.
Kotmale Oya (atau Kothmale Oya) adalah sebuah sungai yang ada di Sri Langka. Kotmale Oya titian ini
merupakan anak sungai dari Mahawei Ganga, yang bermula dari dataran Horton.


 
Description: 16 Jembatan Terseram Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: 16 Jembatan Terseram

7 Pulau Paling Menakutkan di Dunia

1. Ilha de Queimada Grande (Pulau Ular), Brazil
Pulau Paling Menakutkan di Dunia
Seorang nelayan ditemukan tewas bersimbah darah di kapalnya karena serangan ular, dan sebuah keluarga dibunuh oleh serangan ular di malam hari. Tunggu, ini bukanlah deskripsi cerita film INDIANA JONES atau ANACONDA, namun ini yang terjadi di pulau Ilha de Queimada Grande ini.

Terdengar kurang mengerikan? Disebutkan populasi ular di pulau ini digambarkan bahwa setiap satu meter persegi diisi oleh hampir lima ekor ular. Ini adalah pulau yang menjadi surga ular di dunia.


2. Pulau Poveglia, Italia

Terletak di sebuah teluk di Venice, Italia, pulau ini seakan menggambarkan apa yang ada dalam film HOSTEL, SHUTTER ISLAND dan SUCKER PUNCH. Awalnya Poveglia adalah semacam lokasi ‘pembuangan’ bagi mereka yang terjangkit wabah penyakit. Ribuan orang dikarantina di lokasi ini dan mereka pun meninggal di pulau Poveglia.

Sekitar 160 ribu orang meninggal di Poveglia, dengan tulang-tulang mereka yang dikremasi. Seakan belum mengerikan, pada tahun 1922 dibangun rumah sakit mental dengan bunyi lonceng yang menyeramkan. Rumor menyebutkan dokter rumah sakit seringkali melakukan lobotomi untuk para pasien jiwa.


3. Pulau Ramree, Myanmar

Pada tahun 1945, sekitar 900 orang tentara Jepang menyerang pulau kecil di pantai Myanmar. Melintasi rawa-rawa, musuh para tentara yang sebenarnya justru ada di lokasi itu. Hasilnya? 500 orang tentara tewas diserang oleh sekelompok buaya air tawar.

Pulau Ramree diyakini bukan hanya rumah bagi nyamuk pembawa malaria atau kalajengking mematikan, namun juga predator paling mengerikan, buaya.


4. Pulau Izu, Jepang

Untuk bernafas kita butuh udara sehat yang mengandung oksigen, meskipun akhir-akhir ini udara perkotaan sudah mengandung polusi. Namun setidaknya udara itu tak mengandung unsur mematikan sulfur. Tapi yang ada di pulau Izu ini adalah sulfur di udara.

Kandungan sulfur di pulau Izu diakibatkan oleh tingginya aktivitas vulkanis di sana. Izu menjadi lokasi dengan tingkat sulfur tertinggi di dunia, anehnya masih ada minoritas manusia yang tinggal di sana. Ingin ikut?


5. Great Pacific Garbage Patch, Pasifik Utara

Jika pulau-pulau biasa terbentuk dari daratan, maka pulau yang terletak di Pasifik Utara ini dibuat dari tumpukan sampah. Dengan luas setara dengan Texas, pulau ini berisi sampah-sampah yang diakibatkan pola rotasi arus laut. Mungkin ketika terdampar di pulau ini kita akan jatuh ke air dan disambut oleh ikan hiu.


6. Pulau Fiji, Melanisea

http://www.didunia.net/
Apa yang terlintas di pikiran saat melihat gambar pulau Fiji? Pulau indah untuk bulan madu? Salah, buang jauh-jauh pikiranmu. Fiji justru dikenal sebagai pulau dengan banyak insiden kematian misterius. Termasuk cerita anak-anak kanibal, pembunuhan anak-anak, penyiksaan anak-anak.

Seseorang yang mendatangi pulau ini di tahun 1839 mengaku melihat mayat remaja laki-laki, perempuan, dan anak-anak dibawa ke Rewa sebagai tumbal untuk Tanoa. Bahkan mayat itu dimasak dan dimakan oleh populasi suku kanibal di sana, sudah jangan dilanjutkan, karena itu mengerikan.


7. Balls Pyramid, Australia


Balls Pyramid memiliki tinggi sekitar 1.800 kaki. Dihuni oleh serangga mengerikan yang disebut Drycocelus australis. Serangga yang juga sering disebut dengan Lord Howe ini berukuran 6 inchi dan tak bisa terbang. Meskipun tidak mematikan, namun bisa membuat menggigil.
 
 
Description: 7 Pulau Paling Menakutkan di Dunia Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: 7 Pulau Paling Menakutkan di Dunia

5 Tempat Wisata yang Paling Berhantu di Dunia

Destinasi wisata tidak harus selalu menyuguhkan keindahan alam atau pun hiburan. Terkadang, destinasi juga dipadati wisatawan karena cerita mistis yang berada di baliknya, seperti 5 tempat ini.

 
1. Kastil Bran, Rumania
Tempat Wisata yang Paling Berhantu di Dunia
Banyak sumber yang mengatakan kalau vampir berasal dari Rumania. Adalah Vlad Tepe, orang yang diduga sebagai yang haus darah di Rumania pada zaman dahulu. Kemudian, seorang penulis asal Irlandia bernama Bram Stoker membuat tokoh drakula yang terinspirasi dari kehidupan Vlad Tepe. Mulai dari situlah legenda vampir dikenal.

Kastil Bran pun sering dijadikan latar tempat dalam cerita-cerita horor buatan Bram. Namun kini, kastil itu telah dijadikan museum yang sengaja didedikasikan untuk Ratu Rumania, Ratu Marie. Tempat yang memiliki tebing mengesankan ini sering menjadi incaran lokasi film vampir.


2. Kuil Mae Nak, Thailand

Ada satu tempat horor di Thailand yang tak boleh ketinggalan Anda kunjungi terutama para pecinta wisata horor, Kuil Mae Nak namanya. Kuil yang terletak di kompleks kuil Wat Maha But ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang meminta berkah ke patung Mae Nak. Tak ketinggalan pula sesajen berupa karangan bunga, kosmetik, mainan, popok, dan botol susu sebagai seserahan kepada Mae Nak dan anaknya.

Usut boleh usut, ternyata ada cerita menyeramkan di balik tradisi sesajen ini. Sekitar seratus tahun lalu, ada seorang wanita cantik bernama Nak yang menikah dengan pria bernama Maak. Ketika Nak hamil anak pertama, sang suami harus ikut wajib militer dan tidak kembali hingga Nak melahirkan. Di sinilah cerita horor dimulai.

Nak ternyata meninggal saat melahirkan anak pertamanya, tragisnya sang anak juga ikut meninggal. Namun, karena cinta yang begitu besar kepada suami, arwah Nak menolak meninggalkan rumah hingga sang suami pulang. Maak pun kembali pulang tanpa mengetahui kalau istrinya itu hantu. Pasutri ini lalu tinggal bersama seakan semuanya normal!

Sampai akhirnya terungkaplah bahwa Nak telah meninggal. Kaget dengan kenyataan, Mak pun pergi ke sebuah kuil dan memanggil dukun untuk mengusir Nak. Setelah susah payah, akhirnya sang dukun berhasil menyalahkan Nak, dan menyimpan arwah Nak dalam botol. Sejak saat itu, sebuah kuil khusus dibangun untuk mengenang Mae Nak. Bahkan hingga sekarang, legenda dan tradisi yang menyertainya masih ada.


3. Catacombs of Paris, Prancis

Selain Thailand, masih ada tempat mistis lain yang patut Anda waspadai, yaitu Catacombs of Paris di Prancis. Ini adalah kuburan massal di Prancis yang berada di bawah tanah. Hiii!

Dari situs Apollo Jets ada sekitar 6 juta jenazah tersimpan di dalam Catacombs of Paris. Tak heran kalau tempat ini pun dikenal dengan nama L’Empire de la Mort, atau “Kerajaan Kematian”.

Penasaran dengan asal muasal kuburan bawah tanah ini? Ternyata Catacombs of Paris berawal dari abad 18 yang saat itu tidak tersedianya pemakanan di Kota paris. Salah satu pemakaman pun runtuh ke bawah tanah, tepat menimpa sebuah terowongan. Sejak saat itu, semua tulang-belulang yang ada di pemakaman dipindahkan ke bawah tanah.

Karena lokasinya yang tak wajar, dan telah menyimpan jutaan jenazah, Catacombs of Paris menjelma menjadi destinasi wisata horor bagi traveler penguji nyali.

Jika berani, Anda bisa datang langsung ke sana untuk menguji keberanian. Eits, tapi jangan kaget ya kalau tiba-tiba Anda mendengar suara-suara aneh, atau mungkin teriakan.


4. Kota York, Inggris

Selain Paris, masih ada kota besar lain yang ternyata menyimpan sisi mistis. Adalah Kota York di Inggris yang menjadi kota paling menakutkan. Di balik arsitektur bangunan kuno, banyak warga Inggris yang percaya kalau ada arwah bergentayangan setiap malam di sana.

Betapa tidak, York punya sejarah berdarah-darah dari zaman Viking, Romawi sampai sejarah kelam Inggris. Uniknya, kota berhantu ini dijadikan destinasi menarik untuk orang-orang pecinta uji nyali, bahkan sebuah tur wisata juga telah disiapkan.

Jika tertarik, Anda bisa memesan tur wisata seram ini kepada The York Ghost Walk Experience, Ghost Hunt of York, The Original Ghost Walk of York, atau The Ghost Trail of York. Rombongan tur akan dibawa ke sejumlah bangunan tua di York yang menyeramkan.

Salah satu tempat berhantu yang akan kunjungi adalah lokasi dimana Anda bisa bertemu hantu The Headless Earl, hantu tanpa kepala dan hantu The Gray Lady, biarawati yang disemen ke dalam tembok hidup-hidup. Berani?


5. Alas Purwo, Indonesia

http://www.didunia.net/
Ternyata, untuk menikmati wisata horor tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Cukup traveling di dalam negeri saja, Anda bisa menikmati wisata horor yang tak kalah menyeramkan dari negara lain. Salah satunya adalah Alas Purwo.

Alas Purwo sebenarnya adalah kawasan wisata cantik yang ditumbuhi hamparan pegunungan hijau, hutan, gua dan pantai yang menggoda. Namun ternyata di balik keindahan itu tersimpan cerita mistis yang pasti membuat bulu kuduk merinding.

Konon, Alas Purwo dihuni oleh sebuah kerajaan jin. Ada banyak mahluk halus dan siluman di tempat ini. Disarankan bagi Anda yang ingin ke Alas Purwo, untuk menjaga mulut untuk tidak berkata jorok, tidak berpikir negatif, menaati peraturan dari warga setempat, dan jangan merusak alam. Menurut dukun atau orang pintar, Alas Purwo adalah pusat dari kerajaan makhluk halus di Banyuwangi hingga Situbondo
 
 
 
Description: 5 Tempat Wisata yang Paling Berhantu di Dunia Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: 5 Tempat Wisata yang Paling Berhantu di Dunia

Tempat Wisata Terhoror di Dunia

Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan panorama indah atau kota yang antik. Tema-tema horor juga menjadi objek wisata yang menarik di Eropa. Salah satunya adalah pemakaman Pere Lachaise di Paris, Prancis. Berani datang ke sini?
 
Wisata horor menjadi salah satu daya tarik liburan ke Eropa. Inggris menawarkan kota tua berhantu seperti di Edinburgh. Romania menawarkan kastil Drakula di Bran. Prancis pun punya pemakaman Pere Lachaise yang terkenal.



Eits, jangan terburu takut dulu ya. Pemakaman Pere Lachaise ramai kok. Begitu terkenalnya sampai orang-orang pun harus masuk antre untuk bisa dikubur di pemakaman terbesar di Paris ini dengan luas 44 ha. Pengunjungnya mencapai jutaan orang per tahun. detikTravel berziarah ke makam ini pada minggu lalu.





http://images.detik.com/thumbnail/2013/04/04/1383/114121_mak1.jpg

Pemakaman Pere Lachaise yang berada di Jalan Boulevard de Menilmontant ini dibuka pada 21 Mei 1804. Orang pertama yang dikuburkan di sini adalah seorang anak perempuan berumur lima tahun yang bernama Adelaide Pailliard de Villeneuve. Dia merupakan putri seorang pelayan. Kaisar Napoleon sebelumnya telah menyatakan, setiap warga negara berhak dikuburkan di sana tanpa membedakan ras ataupun agama. 
http://images.detik.com/thumbnail/2013/04/04/1383/114153_mak5.jpg

Saat awal dibuka, pemakaman ini dianggap terlalu jauh dari kota dan hanya menarik sedikit orang untuk dimakamkan di sana. Kemudian pihak pengelola pemakaman pun mengambil strategi, yakni memindahkan makam sejumlah orang-orang terkenal di Prancis ke sana, seperti Jean de La Fontaine, sastrawan Prancis yang terkenal akan kisah-kisah dongengnya.

Strategi ini terbukti ampuh. Masyarakat mulai terpikir untuk dikuburkan di antara warga negara terkenal. Catatan menunjukkan dalam beberapa tahun kemudian, Pere Lachaise berubah dari yang semula hanya berisi puluhan makam warga menjadi lebih dari 33 ribu makam pada tahun 1830.

Pemakaman ini telah diperluas lima kali, yakni pada tahun 1824, 1829, 1832, 1842 dan 1850. Bentuk kuburan di pemakaman ini beraneka macam, mulai dari yang bentuknya sederhana hingga monumen yang menjulang dan bahkan kapel-kapel mini yang megah, yang dibangun untuk mengenang orang-orang atau keluarga terkenal.

Jim Douglas Morrison, penyanyi dan pencipta lagu asal Amerika Serikat, yang dikenal sebagai vokalis utama kelompok The Doors yang ngetop tahun 1967, juga dikuburkan di sini. Makam Morrison, yang meninggal di Paris pada usia 27 tahun itu, termasuk yang paling banyak dilihat para pengunjung setiap harinya.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh salah seorang petugas makam, Jacque saat ditanyai detikTravel yang berkunjung atas undangan L'Oreal di sela-sela acara L'Oreal-UNESCO For Women in Science 2013.

Menurut Jacque, 1-2 ribu orang berkunjung ke makam tersebut setiap harinya. Pria paruh baya itu pun bercerita di malam hari, para petugas makam harus bekerja ekstra keras untuk mengawasi makam-makam yang megah.

"Banyak yang mencoba mencuri perunggu atau benda berharga lainnya di makam. Mereka biasanya berkelompok. Untuk mencuri perunggu butuh beberapa orang. Di pasaran, perunggu bisa laku terjual seharga 3 Euro per kilogram," ujar Jacque.

Saat ini ada sekitar 1 juta jasad yang dikuburkan di pemakaman ini dan banyak lainnya yang berada di dalam columbarium, tempat menyimpan abu mereka yang dikremasi.

Kini Pere Lachaise memang masih menerima penguburan baru. Namun dengan syarat-syarat yang agak ketat. Misalnya, orang-orang bisa dikubur di pemakaman ini jika mereka meninggal di Paris atau tinggal di ibukota Prancis itu. Bahkan karena terbatasnya area yang tersisa untuk penguburan baru, maka untuk dikuburkan di pemakaman ini pun harus masuk daftar tunggu alias waiting list.



sumber
Description: Tempat Wisata Terhoror di Dunia Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: Tempat Wisata Terhoror di Dunia

5 Tradisi Unik Untuk Mencari Jodoh di Dunia

Banyak tradisi dalam dunia cinta dan Jodoh salah satunya yang terkanal adalah tradisi Valentine yang diperingati setiap tanggal 14 Februari. Namun selain valentine ternyata masih ada beberapa tradisi unik dalam mencari jodoh yang ada di dunia ini nah kamu mau tahu tradisi unik seperti apa dalam mencari jodoh yang ada di berbagai negara di dunia simak 5 Tradisi Unik Untuk Mencari Jodoh di Dunia berikut ini.

 
1. Memakan apel dari ketiak
Tradisi Unik Untuk Mencari Jodoh di Dunia
Memakan apel dari ketiak merupakan tradisi di negara Austria dalam mencari jodoh caranya adalah dengan memberikan apel yang telah dibelah lalu apel yang akan diberikan ke pria tadi harus dikepit di ketiak wanita yang melakukan beberapa tarian ritual sampai berkeringan nah apel yang sudah basah dengan keringat tadi baru lah diberikan ke pria yang mau dijodhkan dengan pria jika pria itu mau memakan apel tadi berati pria tadi menerima perjodohan unikya.


2. Pondok cinta

Pondok cinta merupakan tradisi mencari Jodoh di negara Kamboja orang tua yang memiliki putri yang sudah remaja akan membuatkan sebuah rumah kecil yang disebut sebagai pondok cinta di dalam pondok ini pria belum menikah saiapa saja boleh bercinta dengan gadis yang ada didalam pondok cinta terkadang dalam satu malam bisa ada lebih dari 3 orang yang berhubungan seks dengan wanita yang ada di dalam pondok itu nah jika sang wanita menyukai salah seorang dari pria yang datang ke pondok itu maka mereka berdua akan menikah.


3. Kikir gigi

Tradisi kikir gigi ini ada di Bali setiap remaja yang akan dewasa diwajibkan melakukan ritual ini gigi mereka harus dikikir oleh pendeta Hindu. Tanpa menggunakan obat obatan apapun pendeta akan mengukir gigi para pemuda yang akan dewasa tujuan ritual ini adalah untuk mengusir roh jahat membawa ketamakan, syahwat, amarah, kecemburuan, dan keadaan tidak sadar. Setelahnya, mereka menjadi orang dewasa siap menikah.


4. Tidur bersama dipisahkan papan

http://www.didunia.net/
Praktik pacaran umum barat laut negara Eropa dan Amerika kolonial yakni pasangan remaja tidur bersama seranjang. Namun ini dilakukan dalam pengawasan orang tua sang perempuan. Meski seranjang keduanya terbungkus selimut berbeda, terkadang sebuah papan berukuran sedang. Keintiman boleh terjadi namun bukan hubungan seksual. Semacam menyentuh atau bercengkrama.


5. Mengunjungi gadis

http://www.didunia.net/
Ada tradisi cukup unik di China dalam mencari jodoh para wanita di China aken berkerumun dengan membuat lingkaran sambil memutari api ungun. Lalu segerombol pria berjaket merah akan mendatangi para wanita.

Nah proses saling menyukai mulai terjadi disini jika siwanita menyukai salah satu pria yang datang tadi maka wanita akan memberiksan sebuah barang kepada si pria lalau pria akan mengajak duduk wanita tadi dengan memberikan jaket merah miliknya disinilah kata cinta terucap dari pria untuk melamar wanita.

Nah itulah beberapa tradisi unik dalam mencari jodoh yang ada diberbagai dunia.
 
 
Description: 5 Tradisi Unik Untuk Mencari Jodoh di Dunia Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: 5 Tradisi Unik Untuk Mencari Jodoh di Dunia

10 Perpustakaan Termegah Di Dunia

Buku adalah Jendela ilmu, karena dengan buku kita dapat mengetahui banyak hal. jadi tidak heran banyak orang yang menganggap buku sebagai ilmu pengetahuan terbaik. Tidak heran juga banyak orang yang sering menghabiskan waktu untuk membaca di perpustakaan. Namun, tahukah anda bahwa ada 10 perpustakaan termegah di dunia.


 
1. Library of Congress
http://www.didunia.net/
Perpustakaan Termegah Di Dunia
Library of Congress berada di Washington DC, Amerika Serikat dan didirikan pada tahun 1800. Perpustakaan ini memiliki stock lebih dari 30 juta buku. Library of Congress ini sempat muncul di film National Treasure 2.


2. National Library of China

National Library of China adalah perpustakaan yang berada di Beijing, Cina dan didirikan pada tahun 1909. Perpustakaan ini memiliki stock lebih dari 22 juta buku.


3. Library of the Russian Academy of Sciences

Library of the Russian Academy of Sciences terletak di St Petersburg, Rusia yang didirikan pada tahun 1714. Perpustakaan ini memiliki stock lebih dari 20 juta buku.


4. National Library of Canada

http://www.didunia.net/
National Library of Canada berada di Ottawa, Kanada dan didirikan pada tahun 1953. Perpustakaan ini memiliki stock lebih dari 18.800.000 buku.


5. German National Library

German National Library berada di Frankfurt, Jerman dan dibangun pada tahun 1990. Perpustakaan ini memiliki stock lebih dari 18.500.000 buku.


6. British Library

British Library terletak di London, Inggris dan didirikan di tahun 1753. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 16 juta buku.


7. Institute for Scientific Information Russian Academy of Sciences

Institute for Scientific Information Russian Academy of Sciences berada di Moskow, Rusia dan didirikan tepatnya di tahun 1969. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 13.500.000 buku.


8. Harvard University Library

Harvard University Library berada di Cambridge, MA, USA. Harvard University Library dibangun pada tahun 1638 dan memiliki stock lebih dari 13.100.000 buku.


9. Vernadsky National Scientific Library of Ukraine

Vernadsky National Scientific Library of Ukraine berada di Kiev, Ukraina. Vernadsky National Scientific Library of Ukraine dibangun tahun 1919 dan diketahui memiliki stock lebih dari 13 juta buku.


10. New York Public Library

New York Public Library terletak di Kota New York, NY, USA. New York Public Library dibangun tahun 1895 dan memiliki lebih dari 11 juta buku.
 
 
Description: 10 Perpustakaan Termegah Di Dunia Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: 10 Perpustakaan Termegah Di Dunia

Wilayah Terpencil di Dunia

6. McMurdo Station, Antartika
http://www.didunia.net/
Wilayah Terpencil di Dunia
McMurdo Station adalah fasilitas riset dan sains yang dioperasikan di Amerika Serikat, melalui Yayasan Sains Nasional. Lokasi McMurdo dekat dengan pangkalan yang didirikan penjelajah Inggris pada 1902 dan mulai dioperasikan pada 1956.

Penduduk McMurdo mencapai 1.258 jiwa, namun jumlah itu merosot drastis saat musim salju. Penduduk di sini harus kuat hidup di udara yang minus 10,28 derajat Celcius pada musim panas. Pada musim salju, jangan tanya, tak ada penerbangan ke wilayah ini. Namun, di pulau ini tetap ada akses internet lho!


5. Pulau Easter , Chili


Pulau Easter terkenal akan patung megalitikumnya yang menjadi maskot. Pulau Easter terletak di 3.508 km dari Chili, Amerika Selatan.

Pulau seluas 168 km persegi ini hanya memiliki 4000 penduduk. Bangsa Polinesia dipercaya menjadi penduduk pertama yang menempati pulau ini, yang diperkirakan datang di antara 300-1200 SM.


4. Foula , Skotlandia


Foula merupakan pulau kecil yang terletak di utara Skotlandia. Pulau ini memiliki luas 11,26 km persegi dan hanya dihuni oleh 31 orang.

Penduduk pulau ini hidup secara tradisional dari kehidupan nelayan, namun akhir-akhir ini sektor pariwisata dan peternakan domba didorong untuk menaikkan kesejahteraan.

Sarana pelabuhan kurang memadai di pulau ini, namun ada bandara kecil untuk transportasi. Di pulau ini ada mercusuar yang tenaganya dari angin dan matahari.


3. Pulau Ascension


Pulau Ascension terletak di bagian paling selatan Samudera Atlantik, sekitar 1.609 km dari Afrika Selatan.

Pulau ini di bawah administrasi Inggris dan ditemukan pertama kali oleh pengelana Portugis, Jaoao da Nova. Pulau ini juga merupakan pangkalan udara Inggris dan AS. Keberadaan pangkalan udara kedua negara telah memberikan kontribusi bagi pertumbuhan penduduknya yang sekitar 880 orang.

Mustahil menjadi penduduk pulau ini sebab semua penduduk harus memiliki kontrak kerja dengan suatu perusahaan yang ada di pulau itu atau anggota militer Inggris dan AS.


2. Saint Helena


Saint Helena adalah pulau di sebelah selatan Samudera Atlantik, "tetangga" Tristan da Cunha dan Pulau Ascension. Pulau ini hanya memeliki luas 75 km persegi, didominasi puncak Gunung Diana, yang setinggi 818 meter.

Sedikitnya 4 ribu warga yang bermental kuat sudah menganggap Saint Helena sebagai rumah tinggalnya, mayoritas penduduk adalah keturunan penjajah Inggris. Penduduk Saint Helena hidup dari bekerja untuk pemerintah lokal, mengekspor hasil bumi seperti kopi dan pir berduri, serta bertanam serat rami Selandia Baru.

Penghasilan penduduk Saint Helena rata-rata 70 Poundsterling alias Rp 1,1 juta per minggu. Tak heran 1 dari 4 penduduk bermigrasi ke luar untuk mencari pendapatan yang lebih baik. Di sini juga ada jaringan internet, tapi leletnya minta ampun.

Kalau Anda mau ke Saint Helena, Anda harus berebut kursi dengan penduduk asli di pesawat militer Inggris, atau membeli tiket kapal yang berlabuh ke pelabuhannya setiap 30 tahun sekali.


1. Tristan da Cunha

http://www.didunia.net/

Tristan da Cunha adalah pulau paling terpencil di dunia, 2.816 km dari Afrika Selatan. Daratan terdekat adalah di Saint Helena, sekitar 2.430 km.

Pulau ini ditemukan pada tahun 1.506 oleh pelaut Portugis Tristao da Cunha. Namun sang pelaut tidak mendiami pulau ini karena akses yang sulit dikepung oleh samudera yang ganas.

Akhirnya, pulau ini diambil alih di bawah Persemakmuran Inggris. Sebagian warga hidup di ibukota bernama 'Edinburg of The Seven Seas'. Pulau ini dulunya tidak memiliki kode pos, hingga akhirnya pada 2005 diberi kode pos TDCU 1ZZ, karena surat sering nyasar dan tak sampai.

Mayoritas penduduknya hidup dari perdagangan hasil bertani dan bekerja di pemerintahan lokal. Sumber pendapatan utamanya dari pabrik lobster.

Penduduk di pulau ini juga menghasilkan uang dari penjualan koin dan perangko dari kode pos yang unik. Biaya perawatan kesehatan bagi penduduk di sini gratis, tapi kalau sakit serius, harus menunggu kapal nelayan yang lewat untuk dibawa ke Afrika Selatan.
 
 
Description: Wilayah Terpencil di Dunia Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: Wilayah Terpencil di Dunia

Kepribadian Bisa Terlihat dari Cara Ngupil

Melihat orang mengorek-ngorek hidung untuk mendapatkan upil atau kerak kotoran di ronga hidung memang terkesan jorok. Namun dari perilaku orang-orang saat ngupil, bisa pula ditebak kepribadiannya.

Jenis-jenis kepribadian orang berdasarkan cara ngupil (nose picking) terungkap dalam penelitian terbaru Dr Victor Laszlo yang dimuat dalam Journal of Psychiatric Development. Dalam penelitian tersebut ngupil atau dalam bahasa ilmiah disebut rhinotillexomania terbukti bisa mengungkap sedikitnya 4 jenis kepribadian.

Ilmiah atau mengada-ada, setidaknya inilah hasilnya.

 1. Mengupil sendiri

Bagi Anda yang hanya mengupil secara diam-diam atau di tempat tertutup secara pribadi menurut Dr Lazlo Anda memiliki sikap yang kurang terbuka, konvensional, menghindari imajinasi asing, kurang kreatif dan imajinatif.

2. Mengupil di depan umum
Sebaliknya, Anda yang tampil berani mengupil di depan umum tanpa rasa malu memiliki sikap sangat terbuka, imajinatif, penasaran, kreatif, petualang, original dan artistik.

3. Pencari harta karun
Seperti mencari harta karun, Anda yang juga penjelajah hidung memiliki sikap pencemas, gelisah, suka mengkhawatirkan, merasa tidak aman, emosional, dan dengan seringkali memiliki keinginan yang berlebihan atau dorongan dan ide-ide yang tidak realistis.

4. Melinting-linting hasil ngupil
Sedangkan Anda yang melinting dan membentuk bulatan ingus menjadi bola kecil dan memakannya adalah orang yang ekstrovert, optimis, mudah bergaul, ramah dan membutuhkan stimulasi berlebih.
 
 
Description: Kepribadian Bisa Terlihat dari Cara Ngupil Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: Kepribadian Bisa Terlihat dari Cara Ngupil

8 Fenomena Alam Super Keren

Dunia ini memang penuh dengan berbagai kejadian alam yang sangat memukau dan begitu mempesona. Tak heran jika banyak sekali fenomena di bumi ini yang bisa mempesona manusia.


1. Supercells
Supercell pada dasarnya adalah kumpulan tornado yang lebih dari sekedar sel badai biasa dan begitu menyeramkan. Benda ini cenderung berputar dengan sangat cepat dan sangat besar. Untungnya fenomena alam mengerikan ini sangat langka dan cenderung hanya bisa ditemukan di kawasan Amerika Serikat saat musim semi.



2. Sun Dogs
Ini adalah bentuk fenomena alam lainnya yang berhubungan dengan kristal es di atmosfer. Sama seperti 'pelangi yang terbakar', fenomena halo matahari ini tampak seperti ada dua titik terang menyerupai matahari di langit sehingga tampak ada 3 matahari di langit.


 
3. Pusaran Air Langit
Waterspouts adalah sebuah fenomena alam yang bisa disebut tornado atau pusaran air yang membumbung tinggi sampai ke langit. Badai ini terbentuk di atas air dan sangat berbahaya karena bisa mencapai kecepatan 305 km/jam. Bisa kamu bayangkan cepatnya? Pusaran air ini dianggap sebagai salah satu penyebab banyaknya kapal atau pesawat tenggelam di Segitiga Bermuda dengan 400-500 pusaran/tahun.


4. Columnar Basalt
Columnar Basalt pada dasarnya adalah formasi semacam bebatuan dengan bentuk persegi sempurna yang ada di pinggiran lautan. Tidak ada yang tahu bagaimana basalt ini bisa terbentuk. Menjadi salah satu hal misterius


5. Brinicles
Ketika permukaan laut membeku seperti di Kutub Utara dan Selatan, maka akan ada air asin dan air tawar yang berkumpul di bawah lapisan es. Sudah pasti lapisan garam akan lebih padat daripada air laut sehingga membuatnya cenderung tenggelam ke dasar. Lantaran sangat dingin, kumpulan air garam itu membeku dan hal itu disebut dengan nama stalaktit es atau memiliki julukan keren brinicles


6. Pelangi Terbakar
Kumpulan pelangi penuh warna di langit ini bisa kamu lihat selama musim panas di sebagian besar Amerika Serikat. Sebetulnya apa yang terlihat adalah pembiasan cahaya langsung di awan dan tak ada hubungan dengan pelangi yang terbakar. Hanya motifnya yang mengkristal membuat tampilannya seakan terbakar dan sangat memukau.


7. Bunga Es
Sederhananya bunga es adalah bunga yang terbuat dari es. Benda itu terbentuk dari penumpukan partikel es di sekitar pangkal tanaman tertentu atau pepohonan. Ketika suhu di luar tanaman membeku dan di dalamnya tidak, maka akan terjadi proses pembekuan. Hasilnya? Sebuah ciptaan cantik yang begitu mempesona.



8. Penitentes
Ini adalah formasi lapisan es yang juga keren dan biasanya terdapat di kawasan pegunungan. Bidang-bidang es yang runcing ini memiliki julukan penitentes dan bisa mencapai ketinggian 4 meter. Bisa kamu temukan di kawasan pegunungan Andes seperti jarum-jarum es di hamparan pegunungan.
 
 
 

Description: 8 Fenomena Alam Super Keren Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: 8 Fenomena Alam Super Keren

7 Mata Uang dengan Kisah Unik

Sebagai alat pembayaran, uang punya sejarah yang panjang. Selain itu, banyak juga kisah menarik dan aneh tentangnya. Ada uang dalam bentuk batu, kayu, bahkan kulit tupai. Lebih lengkapnya simak 7 kisah mata uang yang unik di bawah ini.


1. Uang pecahan terbesar (Hungaria)
 
Inilah pecahan mata uang pemegang rekor sampai saat ini. Dicetak oleh Hungaria pada tahun 1946 dengan nominal 100,000,000,000,000,000,000 Pengo. Ya! Seratus juta triliun Pengo dengan kurs saat itu hanya sekitar 20 US cent. Lihat saja, sampai jumlah nolnya pun tidak mungkin tercetak di sana.


 
2. Modifikasi Uang Karena Kudeta (Zaire)
Saat rezim Joseph Mobutu dikudeta pada tahun 1997 di Zaire (yang sekarang bernama The Democratic Republic of the Congo) Pemerintahan yang baru saat itu terlalu sibuk untuk mendesain dan mencetak uang baru selain karena jumlah uang saat itu terbatas pula.


 
3. Kulit tupai (Rusia)
Di beberapa abad silam, kulit tupai merupakan uang yang sah digunakan di Rusia. Bahkan beberapa bagian dari tupai mati ini seperti kuping, hidung, dan kuku-kukunya berfungsi sebagai “receh”. Kemungkinan Rusia saat itu bisa terbebas dari penyakit-penyakit yang ditularkan satwa.


 
4. Uang kumpulan voucher (vietnam)
Jika kita pernah berpikir bahwa uang bisa membeli segalanya, ternyata tidak. Uang Vietnam di tahun 70an ini berlaku sebagai kumpulan potongan voucher yang hanya bisa digunakan untuk membeli pakaian dan perlengkapannya.

Mungkin jika kita harus memotong salah satu bagian untuk membayar baju, sebagian lagi untuk membayar celana, dan sebagian lagi untuk ikat pinggang.


 
5. Koin perak plus bonus air suci (Kep. Palau)
Jika di uang kertas USD ada “In God We Trust”, negara kepulauan Palau selangkah lebih maju. Negara ini pada tahun 2007 mencetak koin perak dengan gambar perawan suci dan menyertakan bonus botol kecil berisi beberapa tetes air suci dari sebuah mata air suci di Lourdes Perancis.

Negara ini pernah pula menyertakan mutiara, bahkan batu meteor pada uang koinnya. Perak dan air suci, hmm apakah negara ini ada masalah dengan serangan vampire dan werewolf ?



6. Uang dari batu (Pulau Yap, Kep. Solomon)
Di pulau Yap, sebuah pulau di Kepulauan Solomon, Anda akan menemukan “uang” terbesar dan teraneh di dunia : batu rai (semacam batu kapur). Uang ini berbentuk lingkarang dengan diameter 12 kaki dan berat 8 ton.

Entah sejarah atau kepercayaan apa yang menyebabkan masyarakat di Pulau Yap ini sangat mensakralkan batu ini, mungkin sama seperti masyarakan modern sangat mengagungkan batu emas.

Karena jenis batu ini tidak bisa ditemui di Pulau Yap, masyarakat Pulau Yap rela mengorbankan nyawa mereka untuk berpetualang mencari batu ini.

Tahukah kamu? Nilai nominal dari batu ini dinilai bukan hanya berdasarkan ukuran, tapi juga dinilai berdasarkan pengorbanan mendatangkannya ke Pulau Yap, termasuk jumlah nyawa yang melayang karena pengorbanan tersebut.

Karena bentuknya besar, uang ini dibiarkan tergeletak di luar rumah pemiliknya, bahkan kadang di hutan. Meski tergeletak di mana saja, orang2 pasti mengetahui siapa pemiliknya saat ini. Apabila terjadi pergantian kepemilikan, akan dilakukan dalam upacara tertentu.

Tentu saja itu jaman dulu. Pemerintah setempat telah melarang batu-batu uang ini keluar dari Pulau.

 

7. Uang dari lembaran kayu (Jerman)
Pernah digunakan sebagai uang darurat di jerman semasa pemulihan pasca Perang Dunia I. Saking daruratnya, uang dicetak juga dari alumunium foil, kain sutra, bahkan kartu remi sisa-sisa perang. 
 
 
Description: 7 Mata Uang dengan Kisah Unik Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: 7 Mata Uang dengan Kisah Unik