Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Misteri Sosok Hantu Terlihat di CCTV Istana Dover Inggris

Sesosok bayangan melayang di dekat pintu masuk Istana Dover di Kent, Inggris. Seorang petugas keamanan kebingungan, berusaha mencari tahu apa yang sudah dilihatnya tadi.
Peristiwa tak biasa itu terekam kamera CCTV. Rekaman sepanjang satu menit sebelas detik itu lalu diunggah ke situs YouTube oleh seorang pengguna dengan username spyderispanner2.
“(kejadian) ini terekam di CCTV Istana Dover yang terhubung dengan telepon genggam,” tulis sang pengunggah seperti dikutip metrotvnews.com.
“Ini bukan penipuan. Saya bahkan tidak tahu bagaimana cara membuat video semacam ini,” tambah dia.
Beberapa pengguna YouTube terpana dengan potongan video mengerikan tersebut. “Ini adalah rekaman yang hebat! hantu itu seperti menyerupai sesuatu.”
“Ada bayangan kaki yang terlihat seperti sedang benar-benar berjalan.”
rekaman CCTV tampak dari tahun 2009. Lalu diunggah ke YouTube pada tahun 2011 tetapi tidak pernah dilihat oleh banyak orang – sampai sekarang. Hingga saat ini, video Hantu Istana Dover sudah dilihat puluhan ribu kali.
Description: Misteri Sosok Hantu Terlihat di CCTV Istana Dover Inggris Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: Misteri Sosok Hantu Terlihat di CCTV Istana Dover Inggris

Pintu Gaib Pangeran Diponegoro di Goa Selarong

Siap yang tak kenal dengan Pangeran Diponegoro, pejuang berkuda dari tanah Jawa dengan sorban putih dan senjata keris tersebut. Sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan tempat keramat yang satu ini, yaitu Goa Selarong.
Seperti dikutip dari wisatamistisjogja.blogspot.com pada masa perlawanan Diponegoro terhadap Belanda pada tahun 1825 sampai 1830, Goa Selarong merupakan kunci keberhasilan perjuangan Diponegoro dan pasukannya. Disamping untuk tempat persembunyian, tempat ini juga dijadikan sebagai markas untuk mengatur strategi guna mengusir kompeni dari tanah Jawa.
Letak wilayah Goa Selarong termasuk ke dalam wilayah Dusun Kembang Putihan, Kelurahan Guwosari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Letaknya berada di selatan Kota Gudeg ini, kira-kira berjarak 30 km dari pusat kota atau jika menggunakan perjalanan darat akan memakan waktu sekitar 45 menit.
Kompleks Goa Selarong terletak di lokasi perbukutan kapur setinggi kurang lebih 35 m yang dipenuhi oleh pepohonan yang labat nan rindang. Letaknya sangatlah curam, kemiringan bisa sekitar 45 derajat. Untuk mencapainya harus meniti ratusan anak tangga sejauh 400 m untuk bisa sampai ke tempat itu.
Goa Selarong ini berbentuk sempit dengan lebar kira-kira hanya 3 m dan tinggi yang tak lebih dari 2 m, sedangkan panjang ke dalamnya cuma sekitar 3 m saja. Tidak ada yang istimewa dari bentuk Goa Selarong ini. Orang Jawa menyebut goa jenis seperti ini dengan sebutan goa buntet alias buntu tidak tembus berlubang. Jadi, goa ini merupakan cekungan cadas biasa saja tanpa ada tembusannya ke dalam.


Dikatakan oleh Sarimin (75), sang juru kunci kompleks Goa Selarong, secara kasat mata memang Goa Selarong tersebut adalah buntu, namun bagi Diponegoro dan para pengikutnya, Goa Selarong merupakan pintu gaib untuk masuk menuju ke dalam perut bukit kapur tersebut.
“Walaupun goa tersebut buntu, namun Pangeran Diponegoro dan pengawalnya bisa menembusnya hingga ke dalam, seolah bisa tinggal berada di dalam bukit tersebut. Jadi, Goa Selarong hanyalah sebagai pintu gaib masuknya saja dan goa yang sebenarnya masih berada jauh di dalamnya,” katanya.
Itulah sebabnya yang membuat mengapa Pangeran Diponegoro dan pasukan setianya akan sangat sulit ditangkap dan sama sekali tidak pernah tersentuh atau sekalipun terlihat oleh mata pasukan Belanda, jika sedang bersembunyi di Goa Selarong ini.
Walaupun pasukan Belanda telah sampai di kompleks tersebut, namun pasukan kompeni tetap saja tidak dapat melihat bahwa sebenarnya terdapat ratusan pasukan Diponegoro bersembunyi di dalam Goa Selarong. Pasukan kompeni hanya berputar-putar di lokasi dan hanya bisa melihat gunungan batu cadas yang tak berpenghuni.
Tak heran jika kemudian untuk memancing seorang Diponegoro agar mau keluar dari Goa Selarong, kompeni Belanda melalui Jendral De Kock harus melakukan politik adu domba dengan cara mengajak berunding Diponegoro di Magelang pada sekitar tahun 1830, untuk kemudian menangkap dan mengasingkannya ke Makasar, Sulawesi Selatan hingga akhir hayatnya di tahun 1855.
Keramatnya kompleks Goa Selarong dengan pintu goa gaibnya yang bernama Goa Selarong ini memang sudah tersohor bagi telinga masyarakat Jawa hingga saat ini. Kompleks ini pun terbilang wingit alias angker, pada malam-malam tertentu seperti malam Jumat Kliwon atau malam Selasa Kliwon, terkadang dari dalam perut Goa Selarong terdengar lantunan gending-gending Jawa yang sedang ditabuh. Ada suaranya, namun tidak ada wujudnya.
Konon diyakini, pada kedua hari tersebut para gaib sedang berkumpul di tempat-temat keramat, termasuk di Goa Selarong ini. Pada saat itulah, dari malam hari sampai subuh tebaran aroma seperti dupa dan kemenyan pasti sangat jelas menyeruak dari Goa Selarong ini.
Pun demikian, ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan di Goa Selarong ini, yaitu meminta pesugihan atau meminta nomor togel. “Hal itu yang sangat tidak disukai oleh gaib di Goa Selarong tersebut. Jika itu dilanggar, pasti bencana akan menimpa siapa saja yang melanggarnya,” kata kakek 4 cucu ini.
Bencana tersebut bisa langsung terjadi di tempat itu juga, seperti misalnya terpeleset atau terjatuh dari tebing hingga berakibat kematian. Kalaupun tidak di tempat tersebut, dilain tempat bencana itu pasti akan menghampiri. “Kalau mau mencari pesugihan atau mencari nomor, jangan di tempat sini, mending mencari di tempat lain saja,” ingat Sarimin.
Description: Pintu Gaib Pangeran Diponegoro di Goa Selarong Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: Pintu Gaib Pangeran Diponegoro di Goa Selarong

Top 10 Kapal Pesiar Terbesar di Dunia

Melintasi samudera selalu mempesona kita. Melintasi samudera dalam kemewahan yang luar biasa dan kenyamanan menjadi semakin penting bagi para penumpang dan juga pemilik kapal. Ini terjadi ketika kapal pesiar mulai mendapatkan popularitas, dalam ukuran dan kemewahan. Saat ini, persaingan antara kapal pesiar terbesar di dunia sangat ketat. Dari tahun ke tahun, kapal lain yang lebih besar dibangun, fitur baru ditambahkan dan berbagai kegiatan rekreasi menjadi lebih dan lebih beragam. Kapal-kapal pesiar besar ini menjadi kota penuh kesenangan dan para penumpangnya tidak bisa tidak menikmati arus modernisasi ini.
Inilah 10 Kapal Pesiar Terbesar di Dunia Seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru

1. Allure of the Seas

Allure of the Seas, adalah kapal pesiar terbesar di dunia, dibangun di Turku Finlandia. Perjalanan pertamanya adalah pada Oktober 2010, ketika kapal berangkat ke port asalnya, di Florida. Acara ini disiarkan dan mendapat banyak kritik. Dikarenakan jarak antara cerobong kapal dan anjungan terlalu kecil serta risiko tabrakan cukup tinggi. Para Spesialis tidak setuju dengan pendapat tersebut. Allure of the Seas memiliki sebuah aula, dua dek tari, serta teater, kafe Starbucks (pertama kali di sebuah kapal) dan bahkan arena skating es. Selengkapnya baca disini

2. Oasis of the Seas

Oasis of the Seas adalah nomor dua dalam daftar ini, meskipun menjadi saudara kembar dari kapal nomor satu diatas. Ini karena perbedaan beberapa inchi yang tidak disengaja antara kedua kapal ini. Oasis of the Seas membuat rekor baru ketika membawa 6.000 orang. Biaya pembuatankapal mewah ini diperkirakan mencapai 1,4 miliar dollar, dan bobot 100.000 ton, sama dengan Allure of the Seas. Di antara fasilitas kapal adalah program mini-golf, beberapa bar, klub, kolam renang serta lapangan voli dan basket. Penumpang dapat menikmati banyak acara dan kegiatan lainnya juga.

3. Freedom of the Seas

Kapal ini berada di posisi teratas sebelum pembangunan dua kapal di atas. Kapal ini dapat membawa 4600 orang termasuk awak dan biaya pembuatannya adalah sekitar 800juta dolar. Kapal luar biasa ini dimiliki oleh The Royal Caribbean International, sama seperti kedua kapal diatas. Kapal ini juga memiliki beberapa fasilitas keren, seperti taman air, Sorrento ‘s pizza, Wi-Fi dan cakupan telepon seluler, serta bioskop 3D.

4. Liberty of the Seas

Kapal ini berada di tempat yang sama dengan kapal nomer tiga diatas dalam kelas yang sama, yang disebut ‘Freedom class’, biaya konstruksinya dan jumlah maksimal orang yang diperbolehkan untuk naik juga sama. Panjang Liberty of the Seas adalah 338,91 meter dan lebarnya adalah 56,8 meter. Kapal ini berfitur 18 deck, 15 di antaranyaadalah untuk penumpang. Kapal besar ini adalah salah satu yang teraman di dunia, jadi Anda seharusnya tidak memiliki kekhawatiran jika Anda berencana menaiki kapal pesiar ini.

5. Independence of the Seas

Seperti dalam kasus kapal-kapal lainnya yang disajikan di sini, Royal Caribbean International adalah pemilik dari Independence of the Seas. Menjadi adik dari dua kapal sebelumnya, memiliki ukuran yang hampir sama. Kapasitas kapal ini adalah 5710 orang, termasuk kru, lebih banyak dari dua kapal diatas. Kapal ini berlayar pada kecepatan 40 Km per jam, di perairan Eropa. Di antara atraksi yang besar adalah dek olahraga, jalan perbelanjaan dan kolam air panas segar, tipe pertama dari jenis kapal yang dimiliki perusahaan ini.

6. Norwegian Epic

Norwegian Epic milik Norwegian Cruise line dan dilengkapi dengan spa kelas dunia, sebuah pusat kebugaran, klub dan ‘white hot party’ yang terkenal di dunia. Norwegian Epic juga memperkenalkan tipe baru pesiar, jelajah gaya bebas, yang memungkinkan penumpang untuk menikmati jadwal fleksibel (termasuk jam makan malam dan pilihan menu), sesuai keinginan masing-masing penumpang. Inovasi ini membuat Norwegian Cruise Line adalah salah satu pilihan terbaik untuk perjalanan pesiar, apapun alasannya.

7. Queen Mary 2

Kapal ini adalah kapal laut trans atlantik dan pada saat peluncurannya (2003), ini adalah kapal pesiar terbesar di dunia. Meskipun kemudian tergeser oleh kapal-kapal pesiar Karibia yang disebutkan diatas, kapal ini tetap menjadi kapal pesiar terbesar dalam sejarah, sampai hari ini. Queen Marry 2 dimiliki oleh Cunrad Line ad, dan perkiraan biaya pembuatannya sekitar 900 juta dolar. Di antara atraksi aslinya adalah sebuah ballroom dan satu-satunya planetarium yang pernah dibangun di atas sebuah kapal. Berbeda dengan Norwegian Epic, konsep inggris dari kapal pesiar ini adalah simbol dari penghapusan sistem perbedaan kelas.

8. Navigator of the Seas

Dimiliki oleh Royal Caribbean International, kapal ini termasuk kelas Voyager, tetapi memiliki beberapa sifat khas dibandingkan dengan kapal-kapal lain di kategorinya. Salah satu fitur tersebut adalah balkon kaca dan prasmanan Asia. Navigator of the Seas berlayar di Eropa pada musim panas dan di Amerika Serikat selama musim dingin. Kapal besar ini memiliki panjang 311,1 meter dan lebar 49,1 meter.

9. Mariner of the Seas

Mariner of the seas adalah saudara kembar dari Navigator, karena, kapal ini ini memiliki fitur yang sama yang membedakan dua kapal ini dari kapal lain di kelas Voyager. Kapal ini biaya produksinya mencapai $ 650 juta dan memiliki fasilitas tempat yang besar, serta interior dan eksterior balkon yang menawarkan pemandangan yang lebih baik dan berbagai macam pilihan makan malam. Kapal ini berpesiar di Eropa, antara negara-negara Mediterania dan menawarkan liburan yang tak terlupakan ke semua penumpangnya.

10. Explorer of the Seas

Kapal pesiar terakhir di daftar ini, Explorer of the seas dibangun pada tahun 2000, menjadi kapal pesiar terbesar di dunia pada saat itu. Kapal ini memiliki panjang 311 meter dan lebar 38 meter serta bobot 137, 308 ton (tonase kotor). Di antara kenyamanan nya (revolusioner pada waktu itu dan tetap indah sampai saat ini) adalah rock-climbing wall, restoran dan bar bertema, laboratorium oseanografi dan atmosfer yang akan digunakan oleh para ilmuwan, ruang konferensi yang sangat lengkap serta daya tarik lainnya
Description: Top 10 Kapal Pesiar Terbesar di Dunia Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: Top 10 Kapal Pesiar Terbesar di Dunia

Lautan Kuning di China Ini Bukan Tanaman Padi

Luoping adalah sebuah kabupaten kecil di bagian timur Yunnan, Cina, yang terletak sekitar 228 kilometer timurlaut Kunming dekat dengan perbatasan antara provinsi Yunnan dengan provinsi Guizhou dan Guangxi. Pada awal musim semi, ketika bunga rapeseed (lobak kuning juga dikenal sebagai canola) mekar penuh, daerah ini menjadi lautan kuning – sebuah tontonan yang telah membuat Luoping menjadi surga bagi para fotografer.
Seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru, tanah pertanian yang sangat luas diselimuti oleh bunga lobak kuning yang membentang sejauh mata memandang. Waktu terbaik untuk mengunjungi Luoping adalah bulan Februari sampai Maret, pada bulan Juni “pertunjukan” lautan kuning ini berakhir.



Kota ini sebelumnya diabaikan oleh wisatawan, yang biasanya menuju ke tempat wisata yang lebih dikomersialkan di bagian tengah dan timur provinsi. Saat ini, Ladang canola Luoping menarik fotografer dari penjuru dunia, yang datang ke daerah ini setiap awal musim semi untuk memotret “lautan kuning” nan megah dari bunga lobak. Foto-foto yang indah dari lautan kuning pada gilirannya, menarik semakin banyak wisatawan ke surga fotografi yang indah di Luoping.
Selain fotografer, bunga-bunga lobak kuning yang bermekaran dan bau musim semi yang menyegarkan di Luoping, juga menarik lebah-lebah. Luoping adalah daerah peternakan lebah dan penghasil madu nasional.



Bunga lobak atau canola ditanam untuk diambil minyaknya dari biji mereka saat bunga-bunga layu setelah mekar berwarna-warni. Mereka ditanam di seluruh China, tetapi ditanam pada waktu yang berbeda sepanjang tahun, tergantung pada suhu lokasi. Pertanian canola di Luoping adalah salah satu yang terbesar di Cina.






Musim semi juga merupakan musim untuk pembudidayaan lebah madu dan pengolahan. Peternak lebah mendirikan basis di tenda-tenda di antara ladang canola setiap musim semi untuk menjaga lebah dan memanen madunya. Oleh karena itu ladang canola juga dipenuhi dengan lebah di musim semi dan dapat menjadi sedikit menjengkelkan. Peternak lebah pindah ke lokasi lain (masih di daerah Luoping) setelah musim canola, menggunakan bunga liar sebagai stok pangan untuk lebah mereka.



Tempat paling terkenal untuk melihat bunga rapeseed (canola) adalah Jinjifeng (Puncak Ayam Emas). Tempat ini terletak hanya beberapa kilometer di luar kota dan mudah dijangkau dengan bus. Lanskap di sini adalah datar, diselingi oleh gundukan beberapa bukit kecil. Kerataan memungkinkan angin lembut untuk membuat bunga bunga bergoyang mempesona.
Di Niujie, beberapa kilometer di sebelah utara kota Luoping, pemandangan sedikit berbeda. Di sini bunga ditanam dalam teras melingkar mengikuti kontur lereng mirip dengan terasering sawah.


Description: Lautan Kuning di China Ini Bukan Tanaman Padi Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: Lautan Kuning di China Ini Bukan Tanaman Padi

Misteri Kuntilanak Nonton Konser di Semarang


Sesosok bayangan yang diduga hantu berwujud kuntilanak tidak sengaja terfoto oleh pengunjung saat konser Kadenza band tepat sebelum Tipe-X menghibur warga Semarang Selasa malam 9 September di Panggung utama PRPP Semarang. Sosok berambut panjang terurai itu muncul di antara pengunjung yang memadati arena Jateng Fair. Tidak terlihat jelas wajah sosok yang dibalut kain berwarna putih berambut panjang terurai itu. Pengunjung pun tak menyadari sosok asing yang berada di tengah-tengah mereka. Perhatian mereka tertuju pada aksi band di atas panggung.
Seperti yang dikutip dari metrosemarang.com, si pemotret pun mengaku kaget dengan kemunculan sosok berpakaian serbaputih itu. Awalnya ia menganggap sosok tersebut sebagai seseorang, namun setelah diperhatikan, wujud tersebut lebih menyerupai sesosok hantu kuntilanak. “Sekarang tiap melihat foto yang saya ambil itu, saya malah merasa mrinding,” tandasnya.
Menurut penerawangan Mbah Roso, sosok wanita berambut panjang yang menghadap ke ratusan pengunjung tersebut memang benar sosok hantu nyata, hal itu ia dapat setelah merasakan aura mistis saat melihat foto tersebut.”Saya juga sempat merasakan kontak saat Alayaping aluyup, ” imbuhnya. Alayaping aluyup, lanjut dia, adalah waktu perbatasan alam bawah sadar dan alam nyata, karena di saat itulah seseorang dapat menyentuh hal-hal di luar akal sehat. “Soal foto itu, memang kadang dunia ghaib dan nyata itu saling bersinggungan,” tandasnya.
Description: Misteri Kuntilanak Nonton Konser di Semarang Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: Misteri Kuntilanak Nonton Konser di Semarang

Mitos dan Fakta Terselubung tentang Jenglot

Tidak bisa disangkal memang bahwa hingga saat ini di masyarakat Indonesia masih melekat dan percaya dengan segala hal yang berbau mistis dan gaib. Sudah banyak kasus warga diresahkan dengan isu kemunculan makhluk gaib, salah satunya yakni sering ditemukan makhluk gaib berukuran kecil, jenglot.
Tidak diketahui secara pasti awal mula keberadaan makhluk yang satu ini. Tubuhnya yang kecil, paras yang menyeramkan, dan latar belakang cerita di dalamnya berhasil membuat masyarakat ketar-ketir ketika menemukan sosok makhluk kecil satu ini.
Dibawah ini disajikan mitos-mitos dan fakta-fakta unik mengenai Jenglot seperti yang dikutip dari merdeka.com



MITOS-MITOS
1. Jenglot berasal dari petir
Ada sebuah mitos tentang asal-usul jenglot, makhluk yang berusia ratusan tahun, dengan postur tubuh kecil, wujudnya seperti mummy dengan ukuran panjang 5 hingga 10 cm. Makhluk dengan ciri khas tubuh mirip tubuh manusia yang kurus kering seperti mummy, itu berasal dari petir.
Menurut seorang paranormal dari semarang, jenglot katanya bersal dari petir yang dipegang oleh seorang wali bernama Syekh Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel dan Sunan Giri. Ketiga wali itu menganggap petir kurang ajar karena menyambar-nyambar saat mereka berjalan.
Petir itu kemudian ditangkap dan disabdo. Secara fisik dia menjadi jenglot berbentuk manusia, tapi sebenarnya dia itu jin.

2. Jenglot mahluk hidup di tengah hutan
Mitos lain, jenglot yang banyak ditemukan di beberapa wilayah di nusantara, misalnya Jawa, Kalimantan dan Bali, dipercaya memiliki kekuatan mistis dan memakan darah manusia. Masyarakat Indonesia meyakini jenglot sebagai makhluk yang memiliki kekuatan mistis dan dapat mengundang bencana.
Wikipedia berbahasa Indonesia menulis jenglot ini hidup di hutan belantara penuh dengan pohon raksasa tempat persembunyiannya. Karena bentuknya kecil, makhluk ini berjalan lambat. Jenglot hanya mampu keluar di malam hari karena tak ada binatang buas dan manusia yang akan mengganggunya dan menyebabkan kepunahan.
Dalam mitos jenglot dianggap memiliki kekuatan mistis. Namun secara medis, jenglot didefinisikan sebagai bukan makhluk hidup setelah diteliti oleh Tim Forensik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.
Melalui foto sinar Rontgen, tidak ditemukan unsur tulang di tubuhnya, namun yang mengejutkan justru diperoleh dari penelitian DNA lapisan kulit jenglot yang mengelupas ternyata mirip manusia.



3. Jenglot itu benda mati tapi punya daya spiritual hidup
Beberapa literatur menyebut bahwa jenglot ditemukan saat sejumlah paranormal alias dukun melakukan tirakat di Wlingi, Jawa Timur tahun 1972. Mereka kemudian mendapatkan jenglot tersebut.
Temuan yang dipamerkan waktu itu ada empat, salah satunya disebut sebagai jenglot, berjenis kelamin lelaki dan konon pula bisa membantu mengamankan pemiliknya dari segala macam bahaya.
Jenglot sendiri diyakini adalah benda mati, alias bukan makhluk hidup. Meski jenglot bukan makhluk hidup, tetapi daya spiritual jenglot tetap hidup. Karenanya jenglot harus tetap diberi makan oleh orang yang memilikinya.
Makanan jenglot sendiri adalah darah manusia, tetapi tidak sembarang darah melainkan hanya darah golongan O dan AB dan juga minyak wangi.

4. Ada jenglot jelmaan petapa
Ada pendapat lain, jenglot pada masa ribuan tahun lalu adalah seorang petapa yang tengah mempelajari ilmu Bethara Karang. Ilmu Bethara Karang diyakini sebagai ilmu keabadian. Artinya, setiap orang yang memiliki ilmu tersebut akan hidup abadi di dunia.
Setelah itu, sang petapa menjadi emosional dan merasa sebagai jawara. Tak pelak, tubuhnya pun menyusut hingga akhirnya mengecil. Empat taring kemudian tumbuh memanjang, tak sebanding dengan lebar mulutnya.
Namun, akibat kutukan itu jasad jenglot tidak diterima di dunia sedangkan rohnya tidak diterima di akhirat, maka roh tersebut seperti terpenjara dalam jasad kecil itu.




FAKTA PENELITIAN
Namun benarkah makhluk gaib ini jelmaan manusia? Penelitian soal makhluk gaib berukuran kecil ini pernah dilakukan oleh sejumlah peneliti tanah air. Lalu bagaimana hasilnya? Berikut fakta-fakta terkait penelitian soal jenglot:

1. Kulit jenglot memiliki karakteristik DNA seperti manusia
Djaja Surya Atmaja PhD, dari Universitas Indonesia selaku pihak yang berkesempatan meneliti makhluk fenomenal ini berhasil menemukan fakta yang mencengangkan. Hasil penelitiannya menunjukkan, bahwa contoh kulit jenglot yang diperiksa memiliki karakteristik sebagai DNA (deoxyribosenucleic acid) manusia.
“Saya kaget menemui kenyataan ini,” kata Djaja, doktor di bidang DNA forensik lulusan Kobe University, Jepang, 1995.
Tetapi pada saat itu dia menolak anggapan seolah dirinya mengakui jenglot sebagai manusia. Karena bisa saja penyelidikannya meleset karena sampelnya terkontaminasi.
“Misalnya, kulit jenglot sebelumnya terkena olesan darah manusia,” katanya.

2. Jenglot tak memiliki struktur tulang
Sementara itu, dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Budi Sampurna DSF di bagian Forensik RSCM, didapat bahwa jenglot tidak memiliki struktur tulang. Hasil rontgent yang disaksikan puluhan wartawan, paramedis, mahasiswa praktik, ketika itu ternyata hanya menampilkan bentuk struktur menyerupai penyangga dari kepala hingga badan.
Hal ini membantah anggapan awam bahwa jenglot adalah jelmaan manusia yang juga memiliki tulang seperti halnya manusia pada umumnya. Penelitian ini juga membantah anggapan jika jenglot berasal dari manusia yang berubah bentuk dan mengecil.



3. Tidak memiliki jaringan kuku dan empat gigi
Hendra salah seorang yang mengoleksi jenglot sempat menolak koleksinya tersebut untuk dibedah dan diteliti dengan alasan jasad Jenglot akan rusak. “Akibatnya nanti tidak baik bagi kita semua,” katanya. Namun akhirnya dia bersedia koleksinya untuk dibedah.
Dari hasil pemeriksaan tersebut, didapat informasi bahwa selain jenglot tak memiliki struktur tulang, jenglot juga tidak ditemukan jaringan kuku dan empat gigi. “Ada bagian jaringan serupa daging, namun kita belum bisa memastikan apakah itu daging atau bahan lainnya,” kata Muh Ilyas, anggota tim forensik yang ikut membedah jenglot.

4. Jenglot tidak memiliki struktur seperti manusia
Beberapa anggapan yang berkembang di masyarakat merujuk bahwa jenglot bisa dikatakan jelmaan manusia. Namun hasil tersebut tidak valid dan masih perlu penelitian yang lebih jauh.
Hal tersebut dikemukakan oleh Dokter Budi Pramono, yang meragukan hasil penelitian bahwa jenglot itu hidup. Dia beranggapan bahwa jenglot tak memiliki kelengkapan organ sebagai makhluk.
“Makhluk hidup itu perlu makan dan bernapas. Lalu strukturnya perlu tulang, jantung, paru, dan lain-lain. Jenglot tak mempunyai itu semua,” katanya. Dia juga menganggap jenglot seperti karya mistik lainnya yang tak mengandung tantangan ilmiah.
Description: Mitos dan Fakta Terselubung tentang Jenglot Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: Mitos dan Fakta Terselubung tentang Jenglot