Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

10 Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah

10 Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah - Hantu merupakan salah satu momok paling populer di dunia. Beragam cara dilakukan oleh masyarakat dan budaya untuk menyingkirkan sosok yang diyakini sebagai roh orang meninggal ini. Hantu juga merupakan bagian dari budaya, mitos, bahkan kultur. Kehadirannya cukup memberikan nuansa tersendiri bagi kehidupan manusia. Tak jarang juga Hantu menjadi salah satu tema beberapa film. Hantu juga sering dikaitkan dengan daerah, paranormal, dukun, santet, kesurupan, angker dan lain lain. Nah, bagaimana cara manusia mengusir Hantu dari rumah?

Berikut adalah 10 Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah :

1. Tapal Kuda

Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah

Keyakinan ini berasal dari cerita rakyat Inggris abad ke-16. Mungkin yang paling terkenal dari sekian banyak cara mengusir hantu dari dalam rumah adalah adalah tapal kuda. Dipercaya untuk mengusir roh jahat atau penyihir untuk memasuki rumah, serta membawa keberuntungan bagi semua orang yang lewat. Caranya, tapal kuda harus tergantung di atas pintu depan rumah dan dipakukan menghadap ke atas atau bawah.

2. Cermin Ba Gua

Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah
Cermin ini bernama Ba Gua, berasal dari Cina yang merupakan simbol populer di Feng shui. Dengan menempatkan cermin ini di pintu masuk ke pintu utama, maka sang pemilik rumah akan menjadi harmoni dan menciptakan nasib baik bagi semua orang yang masuk. Yang pastinya, menangkal semua unsur jahat untuk masuk ke rumah, termasuk Hantu.

3. Kelapa Sawit

Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah
Di Filipina, ada adat istiadat yang menempatkan kelapa sawit dan daun palem hias yang dijual dalam Minggu Palma, yang menandai awal minggu Kudus. Cara ini diberkati oleh imam Katolik dan digantung di pintu rumah. Hal ini mereka yakini sebagai cara mengusir hantu dari dalam rumah.


4. Wind chimes / Lonceng Angin

Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah
Wind chimes dipercaya untuk menakut-nakuti roh-roh jahat. Uniknya, benda ini mempunyai suara yang indah! Lonceng angin modern memiliki asal usul dari India, kemudian diperkenalkan ke Cina, di mana mereka akhirnya digunakan untuk melindungi rumah. Lonceng angin Jepang kaca dikenal sebagai furin, selain sebagai cara mengusir hantu dari dalam rumah, diperkirakan membawa keberuntungan juga.


5. Mezuzah

Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah
Menurut cerita mistisisme Yahudi, mezuzah menyangkal akses jahat dan merusak mereka masuk ke rumah, dan mereka yang memasang sebuah mezuzah, diyakini akan dilindungi sepanjang waktu. Mezuzah adalah potongan perkamen yang mengandung ayat-ayat bahasa Ibrani dan doa. Cara penempatannya digulung dan disimpan ke dalam kasus yang indah, lalu kemudia taruh secara diagonal kepada kusen pintu.


6. Tanda Mata

Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah
Tanda Mata, juga dikenal sebagai batu mata jahat, adalah sebuah jimat kuno dari Yunani / Turki yang tujuannya untuk menangkal dari 'kejahatan-mata', yang dikenal dalam budaya Mediterania sebagai 'Mal de ojo'. Bentuknya terbuat dari kaca berwarna, jimat ini diyakini akan melindungi penghuni rumah dari nasib buruk dan kedatangan hantu.


7. Rowan

Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah
Dalam beberapa kepercayaan orang Celtic, salib yang terbuat dari cabang-cabang pohon Rowan dan diikat dengan benang merah diyakini sebagai cara mengusir hantu dari dalam rumah Seperti yang tercantum dalam sajak lama: “pohon Rowan, benang merah, memegang penyihir semua dalam ketakutan.”


8. Ofuda

Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah
Melindungi keluarga dari penyakit adalah kekuatan ofuda, sebuah jimat yang berasal dari Jepang dan kepercayaan Shinto. Ini biasanya dihiasi kertas, kayu, kain atau logam yang melekat ke pintu.


9. Mata Panah

Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah
Mata panah yang diletakkan di atas pintu depan rumah, dipercaya untuk mencegah pencuri dan roh halus masuk ke rumah.


10. Batang Kayu Manis

Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah
Sebuah objek yang dalam kesehariannya terlihat seperti batang kayu manis yang diikat di atas pintu juga dipercaya sebagai cara mengusir hantu dari dalam rumah. Dulu, ini digunakan oleh bangsa Mesir untuk membuat suatu daerah yang Suci, dan oleh masyarakat Cina untuk memurnikan candi.

Sumber : lintas.me

Description: 10 Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: 10 Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah

7 Warisan Budaya Indonesia Yang Pernah Diklaim Malaysia

7 Warisan Budaya Indonesia Yang Pernah Diklaim Malaysia - Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan budaya karena beragam suku yang ada di Indonesia. Beberapa negara tetangga mempunyai kemiripan budaya dengan Indonesia karena kesamaan akar budaya. Namun tentunya hal tersebut bukan alasan untuk mengklaim warisan budaya yang jelas-jelas asli Indonesia. Contohnya saja Malaysia. Negara tetangga ini kerap mengklaim budaya-budaya asli Indonesia sebagai warisan budaya mereka. Hal tentu saja memancing kemarahan masyarakat Indonesia.

Berikut adalah 7 Warisan Budaya Indonesia Yang Pernah Diklaim Malaysia :


1. Wayang Kulit

Warisan Budaya Indonesia Yang Pernah Diklaim Malaysia

Wayang kulit pernah diklaim oleh Malaysia sebagai bagian dari budaya mereka. Hal ini dikarenakan beberapa orang Indonesia yang menetap di sana kerap mengadakan pertunjukan wayang kulit. Untunglah, pada tanggal 27 November 2003 UNESCO mengakui Wayang Kulit sebagai warisan kebudayaan Indonesia.


2. Lagu Rasa Sayange

Warisan Budaya Indonesia Yang Pernah Diklaim Malaysia
Lagu yang satu ini pernah digunakan Malaysia di salah satu iklan pariwisata Malaysia. Selanjutnya meluncur pernyataan bahwa lagu Rasa Sayange merupakan kebudayaan milik Malaysia. Ricuh tersebut segera disudahi oleh Menteri Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Budaya Malaysia Rais Yatim yang mengakui lagu Rasa Sayange adalah milik Indonesia.


3. Batik

Warisan Budaya Indonesia Yang Pernah Diklaim Malaysia
Malaysia pernah mengklaim budaya Indonesia yang satu ini sebagai bagian dari budaya mereka. Untuk menghindari polemik berkepanjangan, pemerintah Indonesia pun segera mendaftarkan batik ke UNESCO untuk mendapatkan pengakuan. Meski telah didaftarkan sejak 3 September 2008, UNESCO baru mengakui batik sebagai warisan budaya Indonesia pada 2 Oktober 2009 setelah dilakukan pengujian.


4. Reog Ponorogo

Warisan Budaya Indonesia Yang Pernah Diklaim Malaysia
Klaim Malaysia yang mengatakan Reog adalah bagian dari budaya mereka, jelas mengada-ngada. Dari namanya saja sudah tampak bahwa Reog berasal dari Ponorogo. Untuk menutupi hal tersebut, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia segera membantah bahwa Malaysia pernah mengklaim Reog sebagai warisan budaya mereka.


5. Rendang

Warisan Budaya Indonesia Yang Pernah Diklaim Malaysia
Masakan yang disebut-sebut sebagai masakan terenak di dunia versi CNN ini pun tak lepas dari klaim Malaysia. Rendang pernah diklaim Malaysia sebagai warisan budaya mereka karena banyak orang Sumatera Barat yang tinggal di sana dan memasak rendang.


6. Angklung

Warisan Budaya Indonesia Yang Pernah Diklaim Malaysia
Alat musik khas Sunda ini pun pernah diklaim oleh Malaysia sebagai warisan budaya mereka. Kisruh berakhir setelah angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia di UNESCO pada bulan November 2010.


7. Tari Pendet dan Tari Piring

Warisan Budaya Indonesia Yang Pernah Diklaim Malaysia
Masyarakat Indonesia pernah dikejutkan dengan munculnya dua tarian ini di iklan pariwisata Malaysia. Malaysia menganggap dua tarian ini merupakan warisan budaya mereka. Padahal sudah jelas-jelas Tari Pendet berasal dari Bali dan Tari Piring berasal dari Sumatera Barat.


Sumber : liputan6.com

Description: 7 Warisan Budaya Indonesia Yang Pernah Diklaim Malaysia Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: 7 Warisan Budaya Indonesia Yang Pernah Diklaim Malaysia

4 Pilot Paling Cantik Di Indonesia

4 Pilot Paling Cantik Di Indonesia - Dunia penerbangan khususnya pilot kini tak hanya didominasi oleh kaum laki-laki, tetapi juga dikuasai oleh para wanita. Jika selama ini banyak orang yang mengetahui bahwa sosok wanita di dunia penerbangan kebanyakan mengambil posisi pramugari, tetapi seiring berjalannya waktu kaum hawa juga mampu yang menjadi nakhoda sebuah burung besi raksasa. Tak hanya cerdas dan piawai dalam mengendarai pesawat terbang, beberapa pilot-pilot wanita Indonesia ini juga dikarunia paras yang cantik dan penampilan yang tak kalah menawan dengan para pramugari.

Berikut adalah 4 Pilot Paling Cantik Di Indonesia :


1. Sarah Widyanti Kusuma

Pilot Paling Cantik Di Indonesia

Bisa dibilang, Sarah Widyanti Kusuma merupakan pilot wanita termuda di maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Bayangkan saja! Ia sudah mengangkasa memimpin pesawat terbang sejak usia 21 tahun. Jika Anda merasa tidak asing dengan wajahnya, dara kelahiran 3 Maret 1988 ini, pernah mencuat namanya lantaran mengikuti kontes Indonesian Idol. Meski harus menerima realita kandas di tengah jalan, sepertinya jalan hidup Sarah bukan di dunia hiburan melainkan penerbangan.

Gadis bertubuh mungil yang masa remajanya terobsesi menjadi seorang penyanyi ini memang termasuk sosok yang tangguh dan berani. Ia biasa menerbangkan pesawat jenis boeing. Jam terbangnya pun tercatat mencengangkan untuk ukuran pilot perempuan seusianya, sudah mendekati 2500 jam terbang di angkasa. Mantan Sales Promotion Girls (SPG) yang memiliki sifat tomboy menjadi satu-satunya siswa perempuan di Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan Curug (STPI).

Di sekolah itu, Sarah bisa jadi ayam jago, sebutan untuk anak laki-laki siswa STPI. Gadis yang mengaku masih single ini sudah menamatkan pendidikan pindah pesawat dari tipe pesawat kecil, Boeing, ke tipe yang lebih mutakhir, yaitu Airbus. Setelah merampungkan tahapan pendidikan, Sarah semakin menjadi perempun tangguh menerbangkan Airbus ke rute menuju Jepang, Korea, Australia, China, Belanda, Uni Emirat Arab, dan Jeddah.


2. Raden Roro Iin Irjayanti

Pilot Paling Cantik Di Indonesia
Pilot Perempuan kelahiran Jayapura 4 November 1985 ini merupakan satu dari dua pilot maskapai penerbangan Batavia Air. Perempuan yang biasa disapa Iin ini merupakan lulusan dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia angkatan 58 pada tahun 2004 yang disebar Departemen Perhubungan hingga tempat tinggalnya di Timika, Papua.

Sebelumnya pada tahun 2003, Iin sudah mengantongi izin menerbangkan Batavia Air Boeing 737 jenis 300-400 yang mampu mengudara di atas ketinggian 37.000 kaki. Sama halnya dengan Sarah, Iin juga sempat mengikuti sebuah kontes di luar dari dunia penerbangan, tetapi lain halnya dengan Sarah, Iin mengikuti sebuah kontes kecantikan yang dikenal dengan 3 syarat utamanya, Beauty, Brain, Behavior, yaitu Puteri Indonesia tahun 2010.

IIn berdomisilinya di Tangerang. Meskipun demikian ia menyebut dirinya orang Papua, karena lahir di Jayapura. Menjadi pilot adalah juga merupakan cita-cita almarhum ayahnya. Anak tunggal keturunan Keraton Kanoman Cirebon dari garis ayahnya ini ingin mewujudkan cita-cita almarhum sang ayah dan ingin membuktikan bahwa perempuan bisa menonjolkan sisi feminin dan maskulin sekaligus.


3. Allendia Traviana

Pilot Paling Cantik Di Indonesia
Allendia Traviana merupakan rekan sejawat dari Iin. Ia juga tercatat sebagai pilot wanita yang mengabdi pada pesawat terbang Batavia Air. Sebelum benar-benar menjadi srikandi pesawat terbang, dara kelahiran  Kupang, 10 November 1989 ini sempat terganjal oleh  restu sang ayah. Ayahnya hanya merestui ia masuk ke jurusan Air Traffic Controller, bertolak belakang dengan keinginannya menjadi penerbang.

Namun, berkat keuletan dan kegigihannya, Allendia mendapat beasiswa sekolah penerbangan Batavia Air pada Oktober 2007. Masuknya Allendia sebagai pilot Batavia Air, menjadikannya pilot termuda di Batavia Air. Sebenarnya untuk menjadi pilot bukan pilihan utamanya. Awalnya, Allendia bercita-cita menjadi dokter gigi, oleh karena itu sempat diterima di Fakultas Psikologi Universitas Negeri Solo pada 2007.

Tapi karena terpentok biaya, ia akhirnya memilih ke sekolah penerbang Aero Flyer Institute milik Batavia Air. Dia mengikuti ikatan dinas dengan Batavia selama 16,5 tahun sejak masa pendidikan selama dua tahun. Anak bungsu dari M. Budi Kuntjo dan Mieke Radiana ini kini dipercaya menerbangkan Boeing tipe 737-300, 400, dan 500 untuk rute domestik.


4. Fariana Dewi Djakaria

Pilot Paling Cantik Di Indonesia
Lain halnya dengan 3 srikandi di atas, Fariana Dewi Djakaria merupakan penerbang helikopter wanita pertama. Perempuan kelahiran Pariaman Provinsi Sumatera Barat ini menjadi pilot helikopter wanita pertama di TNI AU. Sejak berdiri pada 12 Agustus 1963, Wanita angkatan udara (WARA) tidak lagi sekadar bertugas di belakang meja sebagai staf administrasi, guru bahasa, dokter atau bidang hukum.

Para srikandi udara itu kini telah banyak yang berkiprah sebagai teknisi, pengawas lalu lintas udara dan penerbang. Untuk penerbang, para srikandi udara itu mayoritas dipercaya memegang kemudi pesawat angkut ringan seperti CN-235 dan Cassa 212, inipula yang termasuk dikemudikan oleh Fariana.

Perempuan berambut bondol ini mengaku bahwa menjadi penerbang merupakan impiannya sejak kecil, sedangkan mimpinya yang lain adalah ingin menjadi bagian dari Skadron 7 Pangkalan Udara (Landu) TNI AU Suryadharma, Subang dan bercita-cita menjadi instruktur penerbang wanita pertama. Saat ini, Lettu Penerbang Fariana tergabung dalam Tim Dynamic Pegasus.


Sumber : sooperboy.com

Description: 4 Pilot Paling Cantik Di Indonesia Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: 4 Pilot Paling Cantik Di Indonesia

5 Tim SAR Terbaik Di Dunia

5 Tim SAR Terbaik Di Dunia - Meski sudah mengalami kemajuan teknologi, namun manusia tetap tidak bisa menghindari bencana alam maupun kecelakaan. Keberadaan Search and Rescue (SAR) tak bisa dilepaskan begitu saja, mereka juga menjadi pahlawan dalam penyelamatan baik kecelakaan atau bencana alam yang terjadi. Bahkan, di saat semua orang menjauh dari sebuah bencana dan kecelakaan, hanya mereka yang berani mendekat demi melakukan penyelamatan. Meski, tak semua korban berhasil diselamatkan dari sebuah peristiwa.

SAR selalu siaga, dan siap menjalani medan tugas paling berat sekalipun. Mereka bekerja dengan motto utama, 'So Others May Life', atau 'agar yang lain bisa hidup. Dari berbagai tim SAR yang dibentuk, terdapat sejumlah tim yang bisa dianggap terbaik karena pengalaman dan medan tugasnya yang berat. Terutama dalam melakukan pencarian posisi kecelakaan di darat, maupun lautan.

Berikut adalah 5 Tim SAR Terbaik Di Dunia :


1. The United States Coast Guard (AS)

Tim SAR Terbaik Di Dunia


Pasukan Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS), atau dikenal dengan nama The United States Coast Guard (USCG), adalah salah satu cabang dari angkatan bersenjata AS. Kesatuan ini adalah satu dari tujuh pasukan tak berseragam. USCG memiliki tugas yang multifungsi, sebagai pasukan maritim, militer, menjalani berbagai misi unik di seluruh AS dalam menegakkan hukum kemaritiman.

Selama masa damai, tim ini bekerja di bawah naungan Departemen Pertahanan AS, dan bisa dipindahkan di bawah Departemen Kelautan oleh presiden AS setiap saat. Hingga sekarang, tim ini telah menjalani medan tugas hingga ke berbagai negara, mulai dari Perang Dunia I, Perang Dunia II hingga Operasi Pembebasan Irak pada 2007 lalu. Meski banyak terlibat di medan perang, satuan ini membawahi SAR yang diberi nama US Coast Guard Search and Rescue.

Tim ini merupakan salah satu Tim SAR terbaik di dunia, dan bertanggung jawab penuh terhadap tugas SAR laut, bersamaan dengan Angkatan Udara AS yang bertanggung jawab pada penyelamatan bencana di darat. Keduanya sama-sama ditugaskan melakukan penyelamatan dalam SAR militer dan sipil. Bukan AS namanya jika bekerja tanpa diikuti peralatan canggih. Terdapat 1.400 kapal yang dapat digerakkan dan memiliki berbagai fungsi selama penyelamatan, mulai dari kapal respon cepat, kapal medis, hingga kapal patroli.

Sedangkan, tim ini memiliki 204 pesawat yang bisa segera berdinas jika dibutuhkan, antara lain Lockheed HC-130H Hercules, Lockheed HC-130J Super Hercules dan CASA HC-144A Ocean Sentry. Itu belum termasuk jumlah helikopter yang masih beroperasi, ada dua jenis yang dioperasikan, yakni Sikorsky HH/MH-60 Jayhawk dan Aerospatiale MH-65 Dolphin. Terakhir, pasukan ini juga mengoperasikan ribuan peralatan canggih yang bisa digunakan selama berlangsungnya penyelamatan. Termasuk senjata modern yang dipakai untuk mempertahankan diri dari serangan tak terduga.


2. RAF Search and Rescue Force (Inggris)

Tim SAR Terbaik Di Dunia

Bicara soal tim penyelamat, Inggris mungkin agak terlambat dibandingkan AS. Tim penyelamat yang berada di bawah garis koordinasi Angkatan Udara Inggirs, atau Royal Air Force ini baru dibentuk pada 1941. Pembentukan tim ini tak lepas saat berlangsungnya Perang Dunia II, ketika itu, Inggris tengah menghadapi gencarnya serangan udara Nazi Jerman, yang dikenal Battle of Britain.

Ide pembentukannya diusulkan Marsekal Udara Sir Artgur Harris, yang kemudian membentuk Direktorat Penyelamatan Udara dan Air pada 6 Februari 1941. Tugas pertamanya adalah menyelamatkan pasukan militer maupun warga sipil dari serangan yang dilakukan Nazi Jerman. Hingga perang berakhir, tim ini berhasil menyelamatkan lebih dari 8.000 kru pesawat tempur dan 5.000 warga sipil.

Sama halnya dengan USGC, RAF Search and Rescue Force bertanggung jawab terhadap seluruh operasi SAR di seluruh Britania Raya. Keberadaan militer sangat dilibatkan dalam menyelamatkan kru mereka dari kecelakaan pesawat di darat maupun laut, bersama-sama dengan Royal Navy Search and Rescue Force.

Tugas penyelamatan sipil juga dikerjakan tim ini, di antaranya menangani kecelakaan di laut maupun pegunungan, dari lokasi banjir hingga bencana lainnya di seluruh daratan Inggris. Dalam menjalankan tugasnya, militer maupun sipil sama-sama diberikan kebebasan untuk mengeporasikan helikopter Sea King dari Angkatan Laut Inggris, termasuk penggunaan heli milik HM Coastguard.


3. Tokushu Kyuunan Tai (Jepang)

Tim SAR Terbaik Di Dunia

Tak ketinggalan, Jepang juga memiliki Tim SAR Terbaik Di Dunia. Tim ini diberi nama Tokushu Kyuunan Tai atau Tim Penyelamat Spesial yang berdinas di bawah bendera pasukan Penjaga Pantai Jepang. Tim terbentuk usai tragedi kecelakaan kapal yang menimpa kapal tangker LPG Jepang Yuyo Maru No. 10 dan kapal Pasific Alice asal Liberia. Ledakan hingga kobaran api pasca kecelakaan telah menewaskan 33 orang dan melukai 8 orang lainnya.

Agar kejadian serupa tidak terulang, maka dibentuklah Tokushu Kyuunan Tai pada bulan Oktober 1975. Hanya lima orang yang bergabung dan mereka dilatih secara khusus oleh Dinas Pemadam Kebakaran Tokyo. Cukup sulit untuk menjadi anggota tim, di mana setiap calon anggota adalah penyelam terbaik yang diambil dari markas komando regional penjaga pantai. Tokushu Kyuunan Tai dimpimpin seorang Komandan, Deputi Komando, 3 staf dan 36 anggota yang terbagi dalam enam tim.

Selain kemampuannya, tim ini dilengkapi peralatan canggih, di antaranya dua helikopter AS332L1 Super Puma dan dua pesawat Gulfstream V yang setiap saat bisa menerbangkan seluruh tim menuju lokasi kecelakaan di seluruh Jepang. Kemampuan tim elite ini sangat teruji ketika melakukan penyelamatan usai bencana tsunami yang menimpa Jepang pada 2011 lalu. Seluruh tim diterjunkan dalam situasi kebocoran radiasi nuklir saat akibat ledakan di salah satu pembangkit listrik di Fukushima.


4. Tim SAR Denmark

Tim SAR Terbaik Di Dunia

Secara administrasi, tim SAR Denmark tergabung dalam Joint Rescue Coordination Centre yang berisi personel dari AL, AU, dan Pengamanan Maritim Denmark. Mereka bergerak sesuai perintah dari AL maupun AL dan bermarkas di Aarhus. Medan operasi tak hanya berada di negerinya saja, tapi juga mencapai Jerman, Norwegia dan Swedia.

SAR Denmark pertama kali melaksakan dinasnya pada 1957 yang dilengkapi Sikorsky S-55, peralatan yang cukup modern namun kapasitas bahan bakarnya sangat terbatas. Menyadari kekurangan itu, pemerintah Denmark memberikan kekuatan baru, yakni membeli pesawat bermesin dua untuk mencari posisi korban kecelakaan, dan S-55 diterjunkan untuk melakukan penyelamatan.

Tugas pertamanya adalah menangani 79 kecelakaan pesawat yang telah menewaskan 62 orang selama 1950 hingga 1955. Tim ini juga terlibat dalam berbagai penyelamatan sipil. Bicara soal medan tugas, tim SAR Denmark memiliki tugas berat, mengingat wilayah negaranya yang berdekatan ke kutub utara dan sering diwarnai salju. Tak hanya itu, negara ini juga terdiri dari beberapa pulau, sehingga kerap terlibat dalam penugasan SAR di lautan.

Berbekal pengalaman tersebut, tidak salah jika SAR Denmark menjadi salah satu Tim SAR Terbaik Di Dunia. Kini, mereka telah dilengkapi berbagai peralatan canggih, mulai dari kapal SAE, helikopter AgustaWestland EH101 Merlin hingga mampu melakukan penyelamatan di medan paling berat sekalipun.


5. Basarnas

Tim SAR Terbaik Di Dunia

Badan SAR Nasional, atau disingkat Basarnas, merupakan lembaga non pemerintah yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden No 11 Tahun 1972 tanggal 28 Februari 1972 tentang Badan SAR Indonesia (BASARI). Tugas utamanya adalah musibah kecelakaan dan pelayaran. Saat pertama kali dibentuk, Basari berkantor di Pusat SAR Nasional (Pusarnas) dan diketuai oleh seorang pejabat dari Departemen Perhubungan.

Namun, untuk meningkatkan kualitas dan kinerjanya, namanya pun berganti menjadi basarnas pada 1980. Demi meningkatkan kemampuan penyelamatan dan pencarian, Basarnas diperkuat berbagai pesawat baru, mulai dari helikopter Bell hingga pengerahan heli Puma dan Superpuma milik TNI AD dan AU. Meski memiliki kapal penyelamat sendiri, lembaga ini juga memiliki kewenangan untuk menggerakkan berbagai kapal perang.

Bicara soal pengalaman, Basarnas telah terlibat dalam upaya pencarian dan penyelamatan Adam Air penerbangan 574 (2007), kecelakaan Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak (2012), dan Indonesia AirAsia penerbangan QZ8501 (2014).

Di laut, Basarnas sempat terlibat dalam penanganan musibah kecelakaan KM Levina pada 2007. Peristiwa pencarian pesawat AirAsia yang hilang menjadi salah satu yang dianggap terbaik di dunia, sejak itu pula Basarnas disebut-sebut menjadi Tim SAR Terbaik Di Dunia untuk kawasan Asia Tenggara.


Sumber : merdeka.com

Description: 5 Tim SAR Terbaik Di Dunia Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: 5 Tim SAR Terbaik Di Dunia