Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Potongan Surat Al-Quran Tertua di Dunia?


Sebuah potongan surah Al Quran yang diperkirakan berasal dari pertengahan abad ke-7 atau abad ke-1 Hijriah dalam kalender Islam tengah diperbincangkan. Sebab jika benar, maka ini merupakan surah Alquran tertulis paling tua yang pernah ada.
Seperti yang dikutip liputan6.com dari laman Thenational, dari analisis karbon 14 di ETH Laboratory, Ion Beam Fisika di Zurich, Swiss, menunjukkan potongan surah itu Al Quran ditulis antara 649 dan 675 masehi, atau sekitar 20 tahun setelah kematian Nabi Muhammad SWA. Padahal sebelumnya, ini diperkirakan ditulis pada abad ke-8, atau sekitar 100 tahun lebih tua dari usia aslinya.
Potongan dimulai dari ayat ke-37 dari surah Al-Israa yang menceritakan tentang Perjalanan di Malam Hari. “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya, kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi, dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung,” bunyi terjemahan ayat tersebut.
Potongan surah tersebut, berakhir pada ayat 57, Surah Ya Sin. “Orang-orang yang beriman akan memakan bermacam-macam buah-buahan yang lezat di dalam surga, dan mereka akan memperoleh semua yang mereka inginkan,” demikian terjemahan ayat tersebut.
Saat ini, potongan surah Alquran tersebut menjadi koleksi di perpustakaan Universitas Tuebingen di Selatan Jerman dan ditetapkan sebagai bagian dari Coranica Project, sebuah kolaborasi antara akademisi Perancis dan Jerman yang menyelidiki sejarah teks Al-Quran menggunakan bukti empiris.
Universitas memperoleh fragmen ini pada 1864, sebagai bagian dari koleksi Johann Gottfried Wetzein, seorang konsul Prusia yang menghabiskan 12 tahun di Damaskus, yang saat itu menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman. Surah ini ditulis dalam huruf Kufi, bentuk kaligrafi yang diketahui telah digunakan dalam penulisan awal Al Quran.
Teori yang ada, keberadaan tulisan ini dihubungkan ke Ali bin Abi Thalib, menantu Nabi dan khalifah keempat. Ali dikatakan satu-satunya dari para pengikut Nabi yang hafal Al Quran.
Dalam hal keantikan, satu-satunya saingan potongan surah ini, adalah potongan Tuebingen yang ditemukan pada 1972 selama restorasi Masjid Agung di Sanaa.
Description: Potongan Surat Al-Quran Tertua di Dunia? Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: Potongan Surat Al-Quran Tertua di Dunia?

7 Tempat dengan Biaya Hidup Paling Mahal di Dunia


Apakah Anda tahu ada 7 tempat paling mahal di dunia untuk hidup? Mungkin Anda pernah mendengar rumor, bahwa negeri-negeri di Eropa mempunyai biaya hidup yang tinggi. Namun, fakta berikut akan memberitahu Anda kenyataan yang sesungguhnya dan menyingkirkan keraguan Anda.
Biaya hidup di suatu tempat dapat diukur dari biaya untuk menyewa apartemen, harga secangkir kopi atau makan di luar dengan teman-teman. Tak perlu heran bila ternyata lebih mahal daripada yang Anda pikirkan. Ini adalah tentang biaya hidup di kota-kota di mana kebutuhan sehari-hari membutuhkan biaya yang tinggi dan banyak uang dihabiskan. Berikut 7 tempat dengan biaya hidup paling mahal di dunia seperti yang dikutip dari metrotvnews.com

1. Copenhagen, Denmark

Ibu kota Denmark, Kopenhagen, terkenal dengan banyaknya uang yang harus dibelanjakan warganya setiap hari. Mau tahu contohnya? Di sini Anda harus membeli bensin hampir melebihi USD2 per liter, USD4,22 untuk membeli koran; USD10 untuk membeli makanan cepat saji seperti hamburger, dan USD6 untuk secangkir kopi. Sekarang, berapa banyak biaya sewa properti di sana? Sekitar USD2000 per bulan.

2. Luanda, Angola

Fakta ini mungkin akan mengejutkan banyak orang, karena bila melihat kotanya, Anda mungkin akan berpikir sebaliknya (biaya hidup yang murah)? Nah, cobalah pergi keluar untuk makan burger dengan keluarga atau teman-teman, Anda harus membayar USD18 untuk sekerat burger; USD7.000 untuk menyewa sebuah apartemen mewah dengan dua kamar tidur dan USD4 untuk minum segelas kopi. Cukup mahal, bukan?

3. Hong Kong

Makanan cepat saji adalah satu-satunya yang terjangkau di kota ini. Dengan rata-rata USD3,35 Anda bisa mendapatkan apa pun yang tertera pada menu. Selain itu, siapkanlah USD5 untuk secangkir kopi, USD1.8 untuk per liter bensin, dan USD4.300 untuk sewa apartemen. Dan berapa biaya untuk membeli koran? Hampir USD4!

4. Moskow, Rusia

Apakah Anda tahu bahwa salah satu kegiatan yang paling mahal di Moscow adalah minum secangkir kopi? Lebih dari USD7! Nah, Anda dapat membaca koran dengan membayar USD10 jika Anda mau. Per liter bensin dibanderol USD0,78, menu makanan cepat saji mendekati USD6 dan USD3.600 untuk sewa apartemen.

5. Zurich, Swiss

Pastinya Anda pernah mendengar bahwa Swiss adalah negara dengan biaya hidup tertinggi dibandingkan negara-negara lain di Eropa. Contohnya di Zurich, di mana makanan cepat saji dijual dengan harga lebih dari USD10, USD3 untuk membeli koran, dan USD5 untuk secangkir kopi 5. Namun, sewa apartemen di sana ‘lebih murah’ dibandingkan dengan kota-kota sebelumnya, hanya sekitar USD2.984.

6. Jenewa, Swiss

Satu lagi, sebuah kota di Swiss yang ditandai dengan standar hidup yang tinggi, Jenewa. Anda harus merogoh kocek sebesar USD4.000 untuk sewa apartemen, USD1,50 untuk bensin, USD10 untuk makanan cepat saji dan USD4 untuk membaca koran.

7. Tokyo, Jepang

Kota terakhir dalam daftar tempat paling mahal di dunia adalah ibukota Jepang, Tokyo. Cukup membayar USD7 untuk secangkir kopi atau bila Anda ingin makan sepotong pizza, USD2 untuk seliter bensin dan USD4.500 bila Anda ingin tinggal di apartemen yang mewah.
Description: 7 Tempat dengan Biaya Hidup Paling Mahal di Dunia Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: 7 Tempat dengan Biaya Hidup Paling Mahal di Dunia

Menguak Fungsi Komputer Purba Berusia 2000 Tahun


Suatu komputer zaman purba bernama Antikythera ditemukan pada 1901 di dalam sebuah bangkai kapal yang tenggelam. Sejauh ini, Antikythera itu dipandang sebagai komputer ilmiah tertua.
Pada saat ditemukan, tidak ada yang mengerti keperluan komputer mekanis yang terdiri dari susunan gigi-gerigi yang rumit. Komputer mekanis itu diperkirakan diciptakan pada tahun 100 SM. Seperti yang dikutip dari liputan6.com, Hampir selama 2000 tahun, tidak ada yang mengerti kegunaan alat mekanis itu hingga akhirnya proses tomografi sinar X dilakukan terhadap benda itu pada 2006.
Terungkaplah kegunaan komputer mekanis itu untuk memperkirakan peristiwa-peristiwa angkasa, termasuk perhitungan gerhana. Berdasarkan perhitungan teknis alat itu, sejumlah ahli mencoba membuat replika komputer mekanis purba itu dengan menggunakan unsur-unsur mainan Lego, terutama jenis mainan Lego Technic. Ada 1500 bagian yang dipakai, termasuk 100 gigi mekanis.
Perlu waktu 30 hari untuk menghitung, merancang dan membuat tiruan itu. Komputer dari Lego itu terdiri dari badan tengah yang terhubung dengan dua badan di kiri dan kanan.
Semua sistem mekanis itu memiliki empat ruang gigi dan meniru gerakan mekanis pada komputer purba Antikythera, sesuai dengan perhitungan matematika tiap-tiap bagian. Gigi-gigi mekanis depan melengkapi satu gerakan lengkap setelah 47 putaran. Bagian belakangnya melakukan putaran 5/19 dengan perbandingan garis tengah roda-roda gigi. Ketika dikombinasikan dengan keseluruhan sistem, didapatlah kalender penentuan tanggal gerhana.

Description: Menguak Fungsi Komputer Purba Berusia 2000 Tahun Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: Menguak Fungsi Komputer Purba Berusia 2000 Tahun