10 Hal Unik Inilah yang Membuat Anda Bisa Jadi Penulis Sukses

Sejak SD kita kan sudah bisa menulis, lalu apa susahnya sih berkarir sebagai seorang penulis? Banyak sekali wanita yang memiliki hobi menulis, tapi jika ingin berkarir sebagai seorang penulis dan bisa mencukupi kebutuhan hidup dari menulis, kita perlu melakukan sesuatu yang lebih dan berbeda dari orang lainnya.
Dilansir dari velame.com, ada 10 hal unik dan berbeda yang bisa membuat seseorang berhasil menjadi penulis sukses. Apa sajakah kesepuluh hal tersebut?

Waktu Khusus untuk Menulis
Untuk menulis sebuah buku hingga selesai, kiat perlu mengubah kebiasaan menulis yang darinya hanya sebagai sebuah hobi menjadi sebuah komitmen. Jangan menulis hanya saat ketika ada waktu luang, tapi sediakan waktu khusus untuk menulis. Prioritas adalah kuncinya.

Jangan Takut Ditolak
Penulis biasanya akan langsung merasa gagal dan tak mau menulis lagi saat tulisannya ditolak. Anda harus memiliki keberanian untuk menjadikan setiap penolakan itu sebagai bahan bakar yang semakin memicu Anda untuk berkarya lebih baik dan menulis dengan lebih semangat lagi.

Mengakui Bahwa Menulis Itu Menakutkan
Menulis itu bisa sangat menakutkan. Bayangkan saja untuk membuat sebuah karya, seseorang bisa “mengurung diri dalam gua” dalam waktu yang cukup lama. Seorang penulis sukses tidak akan gentar dengan rasa takut itu dan menerimanya sebagai sebuah tantangan.

Cuek dengan Omongan Miring Orang Lain
Banyak sekali penulis sukses yang tidak memiliki dukungan dari orang tua atau orang-orang terdekat. Yang mereka miliki hanyalah tekad, keyakinan, dan hati untuk terus menulis.

Terus Berlatih dan Bersabar
Uji kesabaran dan latihan setiap hari bukanlah hal yang mudah. Seorang penulis sukses harus rela menghabiskan waktu setiap hari untuk berlatih dan bersabar menghadapi setiap proses menulis hingga nantinya bisa jadi sempurna.

Baca! Baca! Baca!
Mau nulis apa kalau nggak pernah baca? Membaca tulisan yang berkualitas akan membantu seorang penulis untuk tumbuh. Membaca tulisan yang kurang berkualitas pun bisa membantu seorang penulis agar bisa menghindari kesalahan yang dilakukan oleh seorang penulis.

Menerima Saran dan Kritik
Kita tak akan pernah tahu kualitas tulisan kita jika tak ada orang yang membaca dan memberi saran atau kritikan. Jadi jangan takut untuk memiliki mentor atau pembaca setia untuk bisa memberi Anda saran dan kritik.

Selalu Bertanya
Penulis sukses akan selalu penasaran tentang semua yang ada di sekitarnya. Ia tak akan pernah berhenti bertanya untuk menggali dunia imajinasi yang ada di sekelilingnya. Kalau sudah tidak ada lagi yang menarik dan kita berhenti bertanya, kita mau nulis apa lagi?

Memiliki Ikatan Emosional
Agar bisa terus bertahan dan berjuang untuk membuat tulisan yang berkualitas, kita harus memiliki ikatan emosional yang dalam dengan tulisan kita. Jika sudah merasa ada ikatan emosional, akan sangat sayang rasanya jika kita melewatkan hari tanpa menulis.

Lakukan dengan Cinta
Menulis hanya karena ingin menghasilkan uang biasanya akan membuat kita frustrasi. Kita akan menjadi seorang penulis sukses saat kita benar-benar melakukannya dengan hati dan jiwa. Do it with passion, money will follow.

Comments

Popular posts from this blog

17 Lomba Unik yang Takkan Anda Jumpai dalam Agustusan

7 Fakta Menarik Tentang Gunung Everest

Info PCSBSI: Ini Daftar Bank di Indonesia yang akan Ditutup