7 Tips Tubuh Bugar Selama Berpuasa



Meski puasa dimulai dari subuh sampai magrib, Anda sebaiknya tetap makan tiga kali sehari

Puasa telah datang dan Umat Islam yang berpuasa akan menahan haus dan lapar seharian. Namun, bagaimana agar badan tetap sehat selama berpuasa selama sebulan penuh?

Berikut ini adalah 7 tips tubuh bugar selama berpuasa agar badan tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadhan seperti di kutip dari jaringnews.com:

1. Minum yang cukup.
Hidrasi adalah hal terpenting selama puasa Ramadhan. Setelah berbuka puasa, Anda harus minum air putih dalam jumlah besar. Anda juga harus minum saat bersahur. Kebutuhan hidrasi tubuh adalah sekitar 1,5 liter per hari.

2. Makan yang sehat.
Anda sebaiknya menerapkan diet sehat pada saat berbuka. Jangan berlebihan melahap kue dan makanan manis yang bahkan dalam jumlah besar sekalipun tidak memuaskan rasa lapar dan mengganggu pola makan Anda. Pertimbangkan memakan kurma yang dapat mengisi ulang energi dengan cepat.
  
3. Jangan langsung berbuka dalam porsi besar.
Mulailah dengan sup, kolak atau makanan pembuka lain dan tunggu sampai meresap di pencernaan sebelum makan besar.

4. Jangan makan terlalu banyak.
Buka puasa seharusnya tidak identik dengan makan berlebihan. Makan berlebihan tidak hanya mengganggu tubuh, tetapi juga membuat ngantuk saat shalat tarawih. Meskipun puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, Anda sebaiknya tetap makan tiga kali sehari: yang pertama saat bersahur, yang kedua saat berbuka dan yang ketiga sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka.

5. Makan buah-buahan.
Saat bersahur, disarankan makan buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Penting untuk bersantap sahur mendekati saat imsak.

6. Tidur yang cukup.
Jika memungkinkan, tidurlah di awal siang untuk mengumpulkan energi. Hindari sinar matahari dan panas yang menimbulkan dehidrasi.

7. Minimalkan penggunaan tenaga fisik.
Atlet harus ekstra hati-hati untuk tidak berolahraga terlalu keras selama bulan Ramadhan. Dianjurkan untuk berolahraga yang tidak intensif di sore hari sebelum saat berbuka.
Demikian, semoga puasa Anda lancar dan memberi kesehatan bagi tubuh. Selamat berpuasa.

- 12 Tips Sehat Berpuasa Ramadhan
- Tips Berpuasa Untuk Pekerja Kantoran
- Tips Berpuasa Selama Hamil  

Comments

Popular posts from this blog

100 Gambar Lucu Blunder Politik Prahara Prabowo Dan Timsesnya Part 1

Cantiknya Wanita Malam Tidak Secantik Siangnya

Kiper Paling Santai Dalam Sejarah Piala Dunia