10 Pertemuan Sungai Paling Indah Di Dunia

10 Pertemuan Sungai Paling Indah Di Dunia - Dalam geografi ada istilah Confluence yaitu pertemuan dua atau lebih badan air. Dikenal juga sebagai Conflux, mengacu kepada titik di mana sebuah anak sungai bergabung dengan sungai yang lebih besar yang disebut sungai utama atau di mana dua aliran sungai bertemu untuk menjadi sungai dengan nama baru seperti pertemuan dari sungai Monongahela dan sungai Allegheny di Pittsburgh, Pennsylvania menciptakan Sungai Ohio.
Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan pertemuan pasang surut atau badan air non sungai seperti dua kanal atau kanal dan danau. Di bawah ini adalah koleksi dari beberapa confluences luar biasa di seluruh dunia. Untuk mendalami lebih lanjut, ada daftar menarik confluences penting di Wikipedia yang kami rekomendasikan untuk anda baca.

Confluence di bawah ini dipilih karena kontras yang dramatis dari visual mereka. Dengan demikian confluences besar yang terkenal karena budaya seperti Sangam dekat Allahabad, India, di mana sungai-sungai suci Gangga, Yamuna dan Saraswati bertemu untuk membuat salah satu tempat paling suci dalam agama Hindu, tidak dimasukkan karena alasan ini.

Berikut adalah 10 Pertemuan Sungai Paling Indah Di Dunia :

1. Confluence Sungai Rhone & Sungai Arve di Geneva, Switzerland

Pertemuan Sungai Paling Indah
Dalam foto yang luar biasa ini bisa terlihat bertemunya dua sungai yaitu sungai Rhone dan sungai Arve di Jenewa, Swiss. Sungai di sebelah kiri adalah sungai Rhone yang keluar dari Danau Lehman dan Sungai di sebelah kanan adalah Arve yang menerima air dari banyak gletser di lembah Chamonix ( terutama Mer de Glace ) sebelum mengalir ke barat laut Rhone di sisi barat Jenewa. Karena kadar endapan lumpurnya jauh lebih tinggi daripada sungai Rhone, maka terlihat kontras yang mencolok pada pertemuan dua sungai ini.

2. Pertemuan Sungai Ilz, Danube & Inn di Passau, Jerman

Pertemuan Sungai Paling Indah
Sungai Ilz adalah sungai pegunungan yang relatif kecil dan memiliki warna kebiruan sementara sungai Inn adalah sebuah sungai yang cukup besar yang mengalir dari Salzburg, Austria di bagian atas. Sungai Inn memiliki lebih banyak aliran air daripada sungai Danube, Namun sungai gabungan dari ketiga sungai ini tetap dinamai sungai Danube. Foto ini diambil dari benteng Oberhaus ( sekarang menjadi museum kota ) di atas tebing Ilzstadt diatas kota Passau di Lower Bavaria, Jerman. Kota ini juga dikenal sebagai Dreiflüssestadt atau "Kota Tiga Sungai".

3. Pertemuan Sungai Ohio & Sungai Mississippi di Kairo, Illinois, USA

Pertemuan Sungai Paling Indah
Sungai Ohio memberikan airnya ke Sungai Mississippi di selatan Kairo, Illinois, sebuah kota kecil dimana dua sungai ini bertemu. Air berwarna coklat sungai Ohio yang sarat dengan sedimen yang mengalir dari timur laut ke selatan, berbeda dengan air hijau dan relatif sedikit sedimen dari Sungai Mississippi 
(mengalir dari barat laut ke selatan).

4. Pertemuan Sungai Jialing & Yangtze di Chongqing, Cina

Pertemuan Sungai Paling Indah
Sungai Jialing di sebelah kanan membentang 119 kilometer. Di kota Chongqing bertemu dengan Sungai Yangtze. Air bersih dari Sungai Jialing memenuhi air kuning kecoklatan Sungai Yangtze. Sungai Yangtze menjadi lebih deras setelah menyerap air Jialing dan meneruskan perjalanannya melewati tiga ngarai dan membentang ribuan mil.

5. Pertemuan Rio Negro dan Rio Solimoes dekat Manaus, Brasil

Pertemuan Sungai Paling Indah
Dua air yang berbeda warna ini adalah air dari Rio ( sungai ) Negro yang berwarna gelap ( hampir hitam ) dan air berwarna coklat kekuningan dari Sungai Amazon atau Rio Solimões Rio. Dua air yang berlainan warna ini sepanjang 6 km ( 3,7 mil ) terus berjalan berdampingan tanpa pencampuran. Ini adalah salah satu atraksi wisata utama di Manaus, Brasil. 
Fenomena ini disebabkan oleh perbedaan suhu, kecepatan dan densitas air dari dua sungai tersebut. Rio Negro mengalir hampir 2 km perjam pada suhu 28 ° C sedangkan Rio Solimões mengalir antara 4 sampai 6 km per jam dengan suhu 22 ° C. 


6. Pertemuan Sungai Hijau & Sungai Colorado di Canyonlands National Park, Utah, Amerika Serikat

Pertemuan Sungai Paling Indah
Sungai Hijau adalah aliran yang sangat panjang terbentuk di Wind River Range Pegunungan Rocky di Bridger Teton National Forest, Sublette County, Wyoming. Sungai ini berjalan ke selatan, ke Utah, berbelok ke timur ke Colorado dan akhirnya kembali berbelok ke selatan di mana ia berakhir di pertemuan Sungai Colorado di Taman Nasional Canyonlands di San Juan County. 

7. Pertemuan Sungai Thompson & Sungai Fraser di Lytton, BC, Kanada

Pertemuan Sungai Paling Indah
Sungai Thompson berakhir di sini di Lytton, British Columbia, Kanada di mana dia bertemu Sungai Fraser. Kontrasnya sangat mencolok saat air Sungai Thompson bergabung dengan sungai Fraser yang berlumpur.

8. Pertemuan Sungai Alaknanda dan Bhagirathi di Devprayag, India

Pertemuan Sungai Paling Indah
Devprayag adalah sebuah kota dan sebuah Nagar panchayat ( kota madya ) di distrik Tehri Garhwal di negara bagian Uttarakhand, India. Ini adalah salah satu Panch Prayag ( lima confluences ) dari sungai Alaknanda dan ini adalah tempat dimana Sungai Gangga terbentuk. Alaknanda muncul pada pertemuan dan kaki gletser Satopanth dan Bhagirath Kharak di Uttarakhand.
Hulu Bhagirathi terbentuk di Gaumukh, di kaki gletser Gangotri dan gletser Khatling di Garhwal Himalaya. Kedua sungai suci bergabung untuk membentuk Sungai Gangga ( Gangga ) di Devprayag.

9. Confluence dari Sungai Mosel dan Sungai Rhine di Koblenz, Jerman

Pertemuan Sungai Paling Indah
Di kota Jerman Koblenz, Sungai Mosel mengalir ke sungai Rhine. Nama Koblenz itu sendiri berawal pada nama latin Confluentes.

10. Pertemuan Sungai Drava & Sungai Danube dekat Osijek, Kroasia

Pertemuan Sungai Paling Indah
Terletak di tepi kanan sungai Drava 25 km ke hulu dari pertemuan dengan sungai Danube, adalah kota Osijek, Kroasia.




Comments

Popular posts from this blog

100 Gambar Lucu Blunder Politik Prahara Prabowo Dan Timsesnya Part 1

Cantiknya Wanita Malam Tidak Secantik Siangnya

Kiper Paling Santai Dalam Sejarah Piala Dunia