5 Ponsel Jadul Nokia Paling Ikonik Sepanjang Sejarah

5 Ponsel Jadul Nokia Paling Ikonik Sepanjang Sejarah - Sebelum era smartphone dimulai, Nokia adalah rajanya ponsel yang produk-produknya selalu dinanti dan sukses di pasaran. Bila kita kembali ke tahun 90-an dan awal 2000-an, rasanya kurang pantas jika kita membicarakan kecanggihan sistem operasi ataupun kehebatan performa prosesor yang disematkan pada sebuah ponsel. Sebab, di masa itu rata-rata performa yang dihadirkan produsen pada ponsel adalah sama.

Bahkan fungsi utama yang diandalkannya pun sama, yakni untuk menelepon dan berkirim pesan teks SMS. Kehadiran aplikasi, kemampuan komputasi ala PC, dan berbagai fitur canggih lainnya belum disematkan, atau mungkin memang belum terasa penting kala itu. Ya, ponsel di era 90-an dan awal 2000-an memang masih lebih mengandalkan keunikan desain sebagai modal utama penarik minat konsumen. Dan Nokia adalah salah satu yang paling inovatif di sektor desain.

Berikut adalah 5 Ponsel Jadul Nokia Paling Ikonik Sepanjang Sejarah :



1. Nokia 5110

Ponsel Jadul Nokia Paling Ikonik Sepanjang Sejarah


Di penghujung dekade 90-an, atau tepatnya pada tahun 1998, Nokia merilis ponsel seri 5110. Ponsel ini langsung menjadi primadona, dan sukses menjadi ponsel sejuta umat berkat desainnya yang simpel.

Nokia 5110 memiliki ciri khas antena kecil di bagian atasnya. Casing-nya pun bisa digonta-ganti dengan pilihan warna-warni ceria yang sangat digemari anak muda. Selain itu, daya tarik ponsel ini juga berada pada sektor game. Nokia 5110 adalah ponsel pertama Nokia yang memuat game legendaris Snake.


2. Nokia 8110

Ponsel Jadul Nokia Paling Ikonik Sepanjang Sejarah

Mundur ke tahun 1996, pastinya banyak penggemar ponsel yang pernah mendengar julukan Nokia Pisang. Nama dari ponsel tersebut sebenarnya adalah Nokia 8110. Desainnya memang unik, mengusung sistem slide dan berbentuk melengkung layaknya sebuah pisang.

Popularitas Nokia 8110 juga terangkat setelah ikut tampil dalam film The Matrix yang booming pada waktu itu, sehingga tidak sulit bagi ponsel ini untuk mendapatkan tempat di hati banyak kalangan.


3. Nokia 9000 Communicator

Ponsel Jadul Nokia Paling Ikonik Sepanjang Sejarah
Ponsel ini bisa dibilang sebagai cikal bakal generasi smartphone. Fungsinya tak hanya untuk menelepon dan berkirim SMS, tapi sudah memiliki berbagai fitur modern pada masanya seperti email dan mengirim faks. Ponsel ini merupakan pujaan para pekerja kala itu.

Di sektor desain, ponsel yang dirilis pada 1998 ini memiliki ukuran bodi yang tergolong besar dibanding ponsel ponsel lainnya yang beredar di pasaran kala itu. Display layarnya ada dua, satu buah layar kecil di bagian depan, dan satu buah layar besar persegi panjang jika bodi ponsel ini dibuka layaknya sebuah laptop.


4. Nokia 3650

Ponsel Jadul Nokia Paling Ikonik Sepanjang Sejarah
 
Di tahun 2003 Nokia merilis ponsel seri 3650. Desainnya aneh, keypadnya memutar dan cenderung menyulitkan penggunanya. Namun aneh, ponsel ini justru menjadi primadona bagi para remaja saat itu.

Salah satu yang paling diandalkan dari ponsel ini adalah fitur kamera. Nokia 3650 adalah ponsel pertama di dunia yang telah dilengkapi dengan kamera built-in di bagian belakang bodinya.


5. Nokia N-Gage

Ponsel Jadul Nokia Paling Ikonik Sepanjang Sejarah
 
Setelah bereksperimen dengan kamera, di tahun 2003 Nokia juga mencoba merilis ponsel inovatif yang mengandalkan fitur game melalui seri N-Gage. Ponsel dengan desain yang cukup unik ini hadir dalam dua versi, yakni N-Gage Classic di tahun 2003 dan N-Gage QD di tahun 2004. Di dalamnya disertakan sejumlah game populer seperti Ashpalt dan Call of Duty. Sontak ponsel ini sukses menjadi salah satu ponsel terlaris dari Nokia.






Comments

Popular posts from this blog

17 Lomba Unik yang Takkan Anda Jumpai dalam Agustusan

7 Fakta Menarik Tentang Gunung Everest

Info PCSBSI: Ini Daftar Bank di Indonesia yang akan Ditutup