Udang Cantik Warna Galaksi dan Nebula Ini Cuma Ada di Indonesia


Indonesia memang terkenal akan kekayaan alamnya yang luar biasa. Spesies langka ini, menjadi salah satu dari sekian banyak hasil kekayaan alam Indonesia yang mengagumkan.
Udang karang air tawar biru yang indah, Cherax (Astaconephrops) pulcher, memiliki keunikan yang istimewa. Udang ini mempunyai corak warna yang terlihat seperti nebula kosmik atau galaksi di sepanjang badan bagian atasnya.
Seperti yang dikutip dari liputan6.com, seorang peneliti asal Jerman, Christian Lukhaup, menemukan udang karang yang disebutnya paling indah di dunia ini di Desa Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat atau ‘kepala burung’ Pulau Papua.
Sebenarnya udang karang ini telah diketahui sejak tahun 2000-an. Namun ironisnya hewan langka ini telah diperdagangkan sejak saat itu pula.
Pada saat melakukan penelitian, pemasok pun tidak mau memberitahu di mana tempat asal udang unik ini. Hanya saja berkat penelusurannya, Christian dapat menemukan tempat asal udang ‘cantik’ ini.
Perdagangan udang karang untuk para kolektor akuarium dan penduduk setempat yang menjadikan udang ini sebagai bahan makanan mereka, telah menambah tekanan habitat. Udang karang kini menjadi salah satu kelompok hewan paling terancam di planet Bumi.
Christian berharap agar konservasi dan rencana pengelolaan pelestarian bisa dikembangkan untuk menyelamatkan hewan langka ini.

Comments

Popular posts from this blog

100 Gambar Lucu Blunder Politik Prahara Prabowo Dan Timsesnya Part 1

Cantiknya Wanita Malam Tidak Secantik Siangnya

Kiper Paling Santai Dalam Sejarah Piala Dunia