Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

7 Tempat Wisata Paling Menarik di Pacitan



Dari sejumlah objek, salah satu tempat wisata Pakistan .. (eh salah) … Pacitan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah pada pesona pantainya. Pantai dengan pasirnya yang putih di daerah ini menjadi destinasi wisata favorit terutama di saat libur tiba, Anda akan mendapati banyaknya kunjungan wisatawan ke pantai yang ada di Pacitan.
Sementara itu, objek wisata goa di Pacitan umumnya terletak di lereng perbukitan. Pantai dan goa adalah daya tarik utama wisata alam di daerah tempat kelahiran Presiden RI ke-6 ini, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Tempat Wisata di Pacitan
Seperti yang dikutip dari initempatwisata.com, Berikut ini adalah tempat-tempat wisata di Pacitan yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang menarik dari sejumlah tempat wisata Pacitan tersebut adalah tempat surfing dengan ombak laut yang liar.

1. Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar terletak di Kecamatan Donorojo, berjarak sekitar 40 km dari kota Pacitan. Anda dapat sampai di pantai ini dalam waktu tempuh sekitar 60 menit.
Pantai Klayar memiliki banyak tebing dan beberapa di antaranya bolong akibat terjangan ombak, juga jejaran pohon kepala di kawasan pantai. Satu hal yang patut diingat adalah Anda tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai ini mengingat ombak yang tergolong besar serta banyaknya tebing.
Pesona Pantai Klayar di Pacitan

Pesona Pantai Klayar di Pacitan
Di pantai Klayar, Anda dapat menjumpai sebuah hal yang unik, yakni seruling samudra. Seruling samudera ini adalah sebutan untuk fenomena di mana terdapat cekungan yang ada pada bagian bawah tebing atau batuan yang ada di pantai. Saat cekungan ini diterjang ombak laut, maka air laut keluar menyembur ke permukaan melalui sela-sela berbatuan dan menghasilkan bunyi yang indah laksana bunyi seruling.
Sebuah hal unik lainnya adalah Anda dapat menjumpai patung yang menyerupai bentuk Sphinx sebagaimana yang ada di Mesir. Keunikan ini terbentuk akibat banyaknya tebing-tebing tinggi di kawasan pantai Klayar yang jika dilihat dari kejauhan, menyuguhkan pemandangan laksana patung Sphinx. Anda tentu saja dapat menaiki tebing ini, tetapi sudah sepatutnya menjaga kehati-hatian untuk keselamatan mengingat tebing ini tergolong curam dan tinggi.

Menyusuri Pantai Klayar
Jika Anda melayangkan pandangan ke arah barat dari pantai Klayar, terdapat sebuah tebing karang yang lebih besar dan menjulang dengan ketinggian mencapai hingga 50 meter. Tebing karang ini merupakan salah satu gugusan karang yang ada di kawasan wisata pantai Klayar Pacitan. Pemandangan eksotis dapat Anda bayangkan laksana tempat bersandarnya kapal Nabi Nuh.
Di pantai Klayar, Anda dapat menyaksikan fenomena di mana terjangan ombak yang menghantam bebatuan karang akan menciptakan air mancur yang bahkan tingginya mencapai 10 meter. Pemandangan indah ini adalah akibat semburan kencang air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan.

Alamat Pantai Klayar: Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur
Koordinat GPS: -8.223808,110.947473

2. Pantai Teleng Ria Pacitan

Pantai Teleng Ria dapat ditempuh dengan waktu 5 menit dari pusat kota Pacitan. Saat ini, Pantai Teleng Ria adalah salah satu tempat wisata Pacitan yang paling ramai dikunjungi.
Pantai dengan relief yang relatif landai ini memiliki luas sekitar 40 hektar dengan panjang garis pantai mencapai hingga 2.5 km. Ada sebuah pantai lain yang letaknya bersebelahan dengan pantai Teleng Ria, yaitu pantai Tamperan. Antara keduanya dipisahkan oleh sungai Teleng. Pantai Tamperan ini hanya berfokus pada aktivitas perikanan semata.
Inilah sebab Anda dapat menjumpai pelabuhan perikanan di sana. Melimpahnya hasil perikanan di pantai Tamperan adalah juga salah satu hal yang menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke Pantai Teleng Ria.
Keberadaan pantai Teleng Ria ini diapit oleh pegunungan Limo. Tatkala Anda berada di pantai tersebut, Anda dapat menyaksikan tebing-tebing tinggi membentuk pola huruf U yang berdiri mengelilingi pantai, seolah melindungi pantai. Ini juga salah satu penyebab mengapa ombak di pantai Teleng Ria Pacitan tidak terlalu besar. Padahal, pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia terkenal dengan keganasan ombaknya.

Alamat Pantai Teleng Ria: Jl. WR Supratman, Kel. Sidoharjo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
Koordinat GPS: -8.220346,111.080865

3. Pantai Watu Karung Pacitan

Pantai Watu Karung di Pacitan terkenal dengan keganasan ombaknya, sebuah pantai yang menjadi tempat surfing berkelas dunia di Pacitan.
Di tahun 2009 silam, peselancar top Indonesia Rizal Tanjung mengajak Bruce Irons, juara Rip Curl Pro Search 2008, untuk menjajal ombak Pantai Watu Karung. Tertarik untuk surfing di pantai yang satu ini?

4. Goa Gong Pacitan

Goa Gong Pacitan memiliki kedalaman goa sepanjang 256 meter dan memiliki stalakmit dan stalaktit berumur ratusan tahun. Goa ini muncul sebagai akibat dari aktivitas vulkanik dan gerakan termik yang diperkirakan berlangsung ratusan hingga ribuan tahun silam.
Berdasarkan kisah masyarakat lokal, goa ini dinamai sebagai Goa Gong adalah karena masyarakat kerap mendengar adanya suara gema tabuhan seperti suara gong yang berasal dari dalam goa. Gong adalah salah satu alat tabuh dalam kesenian gamelan Jawa. Suara seperti gong dari dalam goa ini adalah hasil dari pantulan tetesan air alam goa yang menimpa batuan stalaktit atau stalagmit goa tersebut. Bunyi yang dihasilkannya terdengar harmonis dan indah, bahkan jika Anda berada di pintu masuk goa tersebut.
Jika Anda ingin menikmati pesona Goa Gong Pacitan yang sungguh kaya akan keindahan stalaktit (mineral sekunder yang menggantung di langit goa) dan stalagmit (batuan kapur yang berbentuk meruncing dan terdapat di lantai goa), Anda dapat masuk ke dalamnya dengan membayar tiket masuk Goa Gong sebesar Rp 5 ribu per orang.
Pesona Goa Gong di Pacitan

Stalaktit dan stalagmit di Goa Gong Pacitan ini akan mengalami pertumbuhan memanjang melalui proses alami akibat reaksi oksidasi atau reaksi kimia antara udara dengan air. Rata-rata pertumbuhan panjang stalaktit dan stalakit di goa ini berkisar antara 0.1 hingga 0.13 mm per tahun.
Saat mengunjungi Goa Gong Pacitan, Anda akan diajak menyusuri tangga dan menyaksikan berbagai pemandangan gong cave, shawl drappery (stalaktit yang meneteskan air), rekahan endapan kalsium, dan tetesan air di ujung-ujung goa yang membentuk laksana danau kecil.
Pilar-pilar stalagmit tumbuh menjulang tinggi dan terlihat saling bertumpuk satu sama lain, menyuguhkan panorama ukiran batuan yang hidup bersama dengan tetesan air yang tak pernah kering. Anda tidak perlu khawatir akan gelap saat menyusuri kedalaman Goa Gong Pacitan ini karena bagian-bagian goa telah dilengkapi dengan lampu warna-warni yang turut menambah keindahan dalam goa.

pintu masuk goa gong
Alamat Goa Gong: Desa Bomo, Kec. Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
Koordinat GPS: -8.16484,110.97984

5. Goa Tabuhan Pacitan

Goa Tabuhan yang terletak di dusun Tabuhan, Desa Wereng ini adalah goa dengan karakter magis yang ada di Pacitan. Nama goa ini berasal dari kata tabuh, yang artinya membunyikan alat musik pukul.
Di dalam goa, Anda dapat menikmati sajian musik gamelan Jawa dengan instrumen yang berasal dari stalaktit dan stalagmit yang dimiliki goa di Jawa Timur yang satu ini.

6. Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron adalah “Green Canyon” nya Pacitan. Sungai ini dapat Anda temui di Desa Dersono. Cara terbaik untuk menikmati pesona green canyon ini adalah dengan menyewa perahu penduduk, lalu menyusuri sungai yang panjangnya 4,5 km ini.
Cara terbaik untuk menikmati pesona green canyon ini adalah dengan menyewa perahu penduduk, lalu menyusuri sungai yang panjangnya mencapai hingga 4,5 km dalam durasi perjalanan selama 45 menit. Anda akan menemukan pengalaman wisata yang menyenangkan tatkala mengarungi pesona yang dimiliki sungai jernih yang kedalamannya bahkan dapat mencapai hingga 20 meter.

Air Sungai Maron Pacitan yang jernih
Tetapi di kala musim penghujan, pesonanya akan berkurang jauh karena air sungai yang berubah menjadi kecoklatan akibat hujan dan luapan air.
Untuk mengarungi Sungai Maron, Anda harus menjumpai warga setempat dan menyewa perahu yang akan membawa Anda dalam penyusuran sungai. Air yang jernih kebiruan, jumlah ikan kakap merah yang banyak, suasana tenang, serta sepanjang tepian sungai yang menyuguhkan horizon pepohonan hijau adalah beberapa hal yang dapat Anda temukan dalam petualangan di Sungai Maron Pacitan.
Anda akan mendapati sebuah suasana damai di tempat ini. Aliran Sungai Maron bermuara di Pantai Ngiroboyo. Setiap tahun, di sungai ini diadakan lomba dayung yang telah dimulai sejak tahun 2012 silam.
Alamat Sungai Maron: Desa Dersono, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur
Koordinat GPS: -8.238044,110.984022

7. Great Ocean Road ala Pacitan
Australia memiliki jalan raya dengan pemandangan lautan yang sangat indah bernama Great Ocean Road. Jangan salah, sepert yang dikutip dari detik.com, Pacitan juga memiliki jalanan ala Great Ocean Road. Keindahannya boleh diadu!

Ini dia jalur lintas selatan Pacitan-Trenggalek. Pemandangannya adalah pantai dan lautan seperti Great Ocean Road di Australia

Pengendara bisa menikmati keindahan sunrise di pagi hari. Di sini juga punya pesona pantai yang bisa ditemui di sepanjang jalur lintas selatan

Tak sedikit wisatawan yang berhenti untuk menikmati panorama pantai. Panoramanya memang luar biasa!

Pemandangan jalur lintas selatan yang membelah bukit kapur dengan latar belakang pantai. Pemandangan ini merupakan salah satu yang dikagumi wisatawan

Mobil ini seolah keluar dari laut. Jalur lintas selatan ini bakal menghubungkan Pacitan hingga Banyuwangi dengan jarak lebih 600 km

Artikel Terkait: 7 Tempat Wisata Paling Menarik di Pacitan

Description: 7 Tempat Wisata Paling Menarik di Pacitan Rating: 5.0 Reviewer: Kumpulan Berita Unik ItemReviewed: 7 Tempat Wisata Paling Menarik di Pacitan
Comments
0 Comments

{ 0 comments... read them below or add one }