Uniknya tradisi-tradisi di Indonesia ini

Tradisi Unik Di Indonesia

Indonesia negara yang kita tinggali ini memiliki berbagai macam kebudayaan dan tradisi yang unik. Tradisi inilah yang dapat menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Di antaranya: • Tradisi Pasola, Sumba

Pasola adalah ‘perang-perangan’ yang dilakukan oleh dua kelompok berkuda. Setiap kelompok terdiri lebih dari 100 pemuda bersenjakan tombak yang dibuat dari kayu berdiameter kira-kira 1,5 cm yang ujungnya dibiarkan tumpul. Pasola tidak sekadar bikin ramai, tetapi menjadi salah satu bentuk pengabdian dan ketaatan kepada sang leluhur.
• Tradisi Dugderan, Semarang
Dugderan adalah sebuah upacara yang menandai bahwa bulan puasa telah datang. Dugderan dilaksanakan tepat 1 hari sebelum bulan Ramadan. Kata dugder diambil dari perpaduan bunyi dugdug dan bunyi meriam yang mengikuti kemudian diasumsikan dengan derr.
• Tradisi Rambu Solo, Toraja
Rambu Solo adalah upacara adat kematian masyarakat Tana Toraja yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Upacara ini bertujuan untuk menghormati dan mengantarkan arwah orang yang meninggal dunia menuju alam roh, yaitu kembali kepada keabadian bersama para leluhur mereka di sebuah tempat peristirahatan, yang disebut dengan Puya.
• Tradisi Kasada, Bromo
Tradisi Upacara Kasada di Gunung Bromo adalah upacara tahunan yang dinamakan Yadnya Kasada yang juga selalu diselenggarakan oleh masyarakat setempat asli Tengger di Kabupaten Probolinggo. Upacara ini selalu diadakan setiap tahun sekali.
Saking beragamnya budaya di Indonesia, ga heran kalau banyak hal unik di sekitar kita. Kalau dari daerah tempat tinggal kamu sendiri ada tradisi unik gak guys?

sumber

Comments

Popular posts from this blog

100 Gambar Lucu Blunder Politik Prahara Prabowo Dan Timsesnya Part 1

Cantiknya Wanita Malam Tidak Secantik Siangnya

Kiper Paling Santai Dalam Sejarah Piala Dunia