Unik, Jagung ini Memiliki Biji Warna-Warni Layaknya Permata

jagung permata kaca2
Apa yang kamu bayangkan ketika melihat sebuah jagung dengan berbagai variasi warna mirip seperti permata ada di depan mata? Tidak jadi memakannya karena merasa sayang atau malah tambah semangat melahapnya? Yap, jagung dengan biji warna-warni benar-benar ada. Adalah jagung ‘permata kaca’ yang merupakan hasil dari varietas tanaman jagung khusus. Sesuai dengan namanya, biji jagung tersebut tampak seperti butiran permata dalam berbagai warna. Masih nggak percaya? Yuk, simak ulasannya…

Buah dan sayur berbentuk unik sepertinya sedang menjadi trend di dunia. Salah satunya adalah tanaman jagung cantik bernama ‘jagung permata’ kacayang dikembangkan oleh Carl Barnes, seorang petani Oklahoma. Yang sangat menarik dari jagung ini adalah warnanya. Jika umumnya kita melihat biji jagung keseluruhannya berwarna kuning, biji ‘jagung permata kaca’ ini justu memiliki berbagai variasi warna dalam satu jagung. Keren!! seperti di kutip dari kliktoday.com
jagung permata kaca1
Awalnya sang petani cerdas tersebut mengumpulkan bibit tanaman jagung dari berbagai varietas dan menanamnya di ladang. Hasilnya, ia pun memanen beberapa tanaman jagung dengan warna yang tidak biasa dan terlihat bersinar jika terpapar sinar matahari. Barnes kemudian mengumpulkan bibit jagung berwarna aneh tersebut dan mengembangkannya dengan cara melakukan persilangan. Usahanya tidak sia-sia, walau memerlukan waktu yang cukup lama, Barnes berhasil menciptakan jagung dengan warna-warna indah.
Ketika usianya mendekati senja, Barnes mewariskan koleksi biji-biji uniknya pada sahabatnya, Greg Schoen. Tak tinggal diam, Schoen pun berusaha menghasilkan biji jagung unik lainnya dan yang terbaru adalah ‘jagung permata kaca' ini. Terakhir jagung-jagung unik tersebut diberikan kepada Bill McDorman yang menjaga dan melindung jagung warna-warni melalui Native Seeds/SEARCH, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan McDorman untuk melestarikan warisan agrikultural penduduk asli Amerika.

jagung permata kaca3Kini jagung berwarna tersebut sudah mulai banyak diproduksi, bahkan bibit tanaman jagung ini dapat dibeli secara online. Lalu apakah rasanya akan seenak jagung biasa? Yap, tentu saja rasanya tak jauh berbeda dengan jagung yang sering kita makan. Hanya saja ‘jagung permata kaca’ memiliki tekstur lebih keras. Berminat membeli atau justru punya ide lain untuk membentuk sebuah jagung unik?

Comments

Popular posts from this blog

17 Lomba Unik yang Takkan Anda Jumpai dalam Agustusan

7 Fakta Menarik Tentang Gunung Everest

Info PCSBSI: Ini Daftar Bank di Indonesia yang akan Ditutup